Pengaruh Kualitas SDM Konsultan Pengawas Terhadap Efisiensi Anggaran Biaya Proyek Konstruksi untuk Kontrak Harga Satuan (Unit Price)

Wijaya, Eddy Chandra (2009) Pengaruh Kualitas SDM Konsultan Pengawas Terhadap Efisiensi Anggaran Biaya Proyek Konstruksi untuk Kontrak Harga Satuan (Unit Price). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Abstrak Eddy.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Cover Eddy.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Daftar Isi Eddy.pdf

Download (97kB)

Abstract

Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar telah memiliki modal sumber daya manusia. Tinggal bagaimana diusahakan agar jumlah penduduk yang demikian besar itu dapat digerakkan agar menjadi sumber daya manusia yang produktif. Manusia pembangunan yang produktif, sebagaimana dikehendaki oleh pembangunan Indonesia adalah manusia yang menghargai kerja sebagai suatu sikap pengabdian kepada Tuhan, berbudi luhur, cakap bekerja dan terampil, percaya pada kemampuan diri sendiri, mempunyai semangat kerja yang tinggi dan memendang hari esok dengan gairah dan optimis. Dalam industri jasa konstruksi, sumber daya manusia konsultan pengawas merupakan kunci dalam perhitungan volume di lapangan yang berakibat terhadap biaya pekerjaan. Apabila kualitas sumber daya manusia tersebut berkualitas sehingga dapat memeriksa, mengawasi dan mengelola pekerjaan dengan benar, baik dari segi kualitas bangunan, volume pekerjaan sesungguhnya dilapangan maka akan diperoleh efisiensi anggaran biaya untuk negara dan juga rakyat. Penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia konsultan pengawas terhadap efisiensi anggaran biaya proyek konstruksi dan menganalisis serta mengukur besarnya tingkat pengaruh variabel�variabel tingkat pendidikan, pengalaman, kemampuan / skill dan karakter personal dari SDM yang ditugaskan oleh Konsultan Pengawas. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, variabel SDM Konsultan Pengawas yaitu : 1. Etika/Moral 2. Kecerdasan yang baik, dapat meningkatkan efisiensi anggaran biaya proyek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:45
Last Modified: 11 Jun 2021 07:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30955

Actions (login required)

View Item View Item