ANALISIS PRAKTIK PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010

Natalia, Prita (2012) ANALISIS PRAKTIK PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menemukan berapa banyak informasi tentang modal intelektual yang diungkapkan secara sukarela di dalam laporan tahunan perusahaan-perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, baik dari segi jumlah maupun kandungan modal intelektual. Penelitian ini menggunakan kerangka konseptual yang digunakan oleh Goh dan Lim (2004) dalam penelitiannya, yang membagi modal intelektual menjadi internal capital, external capital, dan employee competence. Pengumpulan data dilakukan melalui content analysis terhadap laporan tahunan 2010 dari 60 perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis data dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jumlah atribut modal intelektual yang diungkapkan dalam laporan tahunan adalah sebesar 54%, yang berarti perusahaan publik sudah memiliki kesadaran terhadap arti pentingnya modal intelektual bagi keunggulan kompetitif dengan perhatian khusus pada external capital. Namun mayoritas pengungkapan dilakukan secara kualitatif, bukan kuantitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:48
Last Modified: 15 Jun 2021 02:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31011

Actions (login required)

View Item View Item