PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK DAN RESISTANSI PERUBAHAN TERHADAP KESIAPAN MERESPON KONVERGENSI IFRS (STUDI EMPIRIK PADA BEBERAPA PERUSAHAAN GO PUBLIC DAN SUBSIDIARY DI JAKARTA)

Putra, Reza Mahardhika (2012) PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK DAN RESISTANSI PERUBAHAN TERHADAP KESIAPAN MERESPON KONVERGENSI IFRS (STUDI EMPIRIK PADA BEBERAPA PERUSAHAAN GO PUBLIC DAN SUBSIDIARY DI JAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada 19 Perusahaan terdiri dari beberapa perusahaan Go Public dan Subsidiary. Sebanyak 48 responden diambil sampel dalam penelitian ini. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengaruh dukungan manajemen puncak (X1) dan resistansi perubahan (X2) terhadap kesiapan merespon konvergensi IFRS (Y). secara parsial pengaruh dukungan manajemen puncak berpengaruh positif terhadap kesiapan merespon konvergensi IFRS sebesar 73,3% signifikan. Secara parsial resistansi perubahan berpengaruh negatif terhadap kesiapan merespon konvergensi IFRS sebesar 58,2% signifikan. Terdapat hubungan dukungan manajemen puncak dan resistansi perubahan sebesar 31,1% negatif signifikan. Pengaruh dukungan manajemen puncak (X1) dan resistansi perubahan (X2) terhadap kesiapan merespon konvergensi IFRS (Y) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 66,1%. Hasil penelitian ini sesuai dengan kerangka pemikiran Thomas Hobbes dalam Teori Jam sebagai background theory dan Jean Baptiste Lamarck dalam teori adaptasi sebagai grand theory serta mendukung konsep Lowder (2009) dan sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh DeLone (1988), Munasinghe (2003), Arfan (2003), Sarosa et al.(2003), dan Dian (2004) yang menyebutkan peran dukungan manajemen puncak berpengaruh positif dan signifikan terhadap merespon perubahan aplikasi sistem informasi teknologi. Serta penelitian yang dilakukan oleh Susanto (2008) dukungan manajemen puncak terhadap perubahan berada pada scale 3,04 (Ready) yang artinya dukungan manajemen puncak berpengaruh terhadap merespon perubahan. Selain itu Resistansi dalam merespon perubahan juga mendukung penelitian yang dilakukan oleh Prosci (2005) dan Aminul Islam, et al (2010) Key words : Konvergensi IFRS, Dukungan Manajemen Puncak, Resistansi Perubahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:49
Last Modified: 15 Jun 2021 02:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31012

Actions (login required)

View Item View Item