PENGARUH FAKTOR – FAKTOR NON KEUANGAN TERHADAP OPINI GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Oktarina, Rita (2012) PENGARUH FAKTOR – FAKTOR NON KEUANGAN TERHADAP OPINI GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirik mengenai faktor-faktor non keuangan yang mempengaruhi auditor dalam memberikan going concern audit opinion. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini antara lain reputasi auditor, tenure, disclosure, size perusahaan, opini audit tahun sebelumnya dan audit lag. Penelitian ini dilakukan terhadap 192 sampel auditee yang bergerak di bidang manufaktur yang terdaftar di BEI selama tahun 2005-2010. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah regresi logistik. Dengan menggunakan tingkat keyakinan 95%, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya disclosure, size perusahaan, dan opini audit tahun sebelumnya yang berpengaruh signifikan terhadap pemberian opini audit going concern. Sedangkan , reputasi auditor, tenure dan audit lag tidak berpengaruh signifikan terhadap pemberian opini audit going concern. Secara simultan reputasi auditor, tenure, disclosure, size perusahaan, opini audit tahun sebelumnya dan audit lag berpengaruh signifikan terhadap pemberian opini audit going concern. Pada akhir penelitian diberikan beberapa saran dan rekomendasi bagi perbaikan kelemahan penelitian ini di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:58
Last Modified: 15 Jun 2021 02:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31017

Actions (login required)

View Item View Item