PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2010

Silviana, Silviana (2011) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage baik sacara parsial maupun simultan terhadap manajemen laba. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2010. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Data penelitian berupa laporan keuangan diperoleh diperoleh dari situs www.idx.co.id dan Pusat Informasi Pasar Modal Fakultas Ekonomi Tarumanagara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), dan uji hipotesis (uji t dan uji F) dengan bantuan program SPSS for windows 17.00. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan yaitu secara parsial, ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap manajemen laba dan profitabilitas memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba. Secara simultan, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:31
Last Modified: 15 Jun 2021 03:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31035

Actions (login required)

View Item View Item