PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS AUDIT, SERTA LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2007-2009

Noviani, Windy (2012) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS AUDIT, SERTA LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2007-2009. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris mengenai ada tidaknya pengaruh mekanisme good corporate governance yang diproksikan melalui tiga variabel, yaitu kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan komite audit, kualitas audit, serta leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007-2009, baik secara simultan maupun parsial. Perusahaan ini menggunakan sampel 52 perusahaan manufaktur go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah diseleksi dengan menggunakan metode purposive sampling pada periode 2007-2009. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program komputer SPSS versi 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan kepemilikan institusional dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba secara parsial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2007-2009, sedangkan kepemilikan manajerial, kualitas audit, dan komite audit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2007-2009. Secara simultan, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, kualitas audit, serta leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2007-2009. Pada periode penelitian ini, variabel kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, kualitas audit, serta leverage secara bersama-sama dapat menjelaskan 15% variabel manajemen laba, sedangkan sisanya, yaitu 85% dijelaskan oleh faktor lain di luar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:57
Last Modified: 15 Jun 2021 04:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31070

Actions (login required)

View Item View Item