PENGARUH KUALITAS AUDIT, LEVERAGE, DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUIDT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2008-2010

Denna, Yulviana (2011) PENGARUH KUALITAS AUDIT, LEVERAGE, DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUIDT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2008-2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kualitas audit, leverage, dan mekanisme corporate governance (kepemilikan manajerial, keberadaan komisaris independen, dan komite audit) terhadap opini audit going concern pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia), serta untuk mengetahui seberapa besar kemampuan dari variabel independen (kualitas audit, leverage, kepemilikan manajerial, keberadaan komisaris independen, dan komite audit) dalam menjelaskan variabel dependennya (opini audit going concern) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan untuk mengetahui pengaruh variabel independen yang paling dominan terhadap penerimaan opini audit going concern. Penelitian ini menggunakan data 300 sampel selama tahun 2008-2010. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah model regresi logistik. Dengan tingkat keyakinan 95%, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas audit dan leverage yang berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. sedangkan, kepemilikan manajerial, keberadaan komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Secara simultan kualitas audit, leverage, kepemilikan manajerial, keberadaan komisaris independen, dan komite audit berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, serta leverage merupakan variabel independen yang paling dominan terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 05:04
Last Modified: 15 Jun 2021 05:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31075

Actions (login required)

View Item View Item