EVALUASI AKUNTANSI ASET TETAP PSAK BERBASIS IFRS PADA LAPORAN KEUANGAN PT. TRUBA ALAM MANUNGGAL ENGINEERING TBK. TAHUN 2009

Sari, Agustina Harum (2011) EVALUASI AKUNTANSI ASET TETAP PSAK BERBASIS IFRS PADA LAPORAN KEUANGAN PT. TRUBA ALAM MANUNGGAL ENGINEERING TBK. TAHUN 2009. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Agustina 125070554 JA.pdf

Download (59kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengevaluasi akuntansi aset tetap yang diterapkan dalam perusahaan dan membandingkannya dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan berbasis International Financial Reporting Standard. Penelitian kepustakaan dan lapangan telah dilakukan untuk mengetahui apakah unsur-unsur akuntansi aset tetap diterapkan dengan sepenuhnya oleh perusahaan. Dari 6 dimensi akuntansi aset tetap, ternyata perusahaan sudah menjalankan 4 unsur tersebut. Hasil evaluasi menunjukkan masih ada beberapa penerapan item aset tetap yang tidak mengacu pada PSAK berbasis IFRS. Ketidaktaatan ini akan mempengaruhi nilai perusahaan apabila IFRS sudah diadopsi penuh pada tahun 2012. Oleh karena itu, item-item yang belum sesuai harus mendapatkan perhatian khusus dan dicari solusinya segera. Faktor-faktor penyebab belum diterapkannya PSAK berbasis IFRS adalah bagian akuntansi yang belum mempelajari perubahan tersebut dan ketidaksiapan perusahaan dalam mengubah standar akuntansi yang lama menjadi standar akuntansi yang baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 05:15
Last Modified: 18 Aug 2023 02:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31081

Actions (login required)

View Item View Item