ANALISIS UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SERTA REPUTASI AUDITOR YANG BERPENGARUH TERHADAP INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2009

Airin, Airin (2011) ANALISIS UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SERTA REPUTASI AUDITOR YANG BERPENGARUH TERHADAP INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2009. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Airin 125070305 JA.pdf

Download (62kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris apakah terdapat praktik income smoothing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang diteliti, antara lain ukuran perusahaan, profitabilitas (Return On Asset), dan reputasi auditor. Penelitian ini dilakukan dengan pengujian multivariate dengan analisis regresi logistik untuk menguji pengaruh dari faktor-faktor yang diteliti terhadap praktik income smoothing, secara serentak maupun terpisah. Sampel yang diteliti adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dari tahun 2007-2009. Hasil dari perhitungan indeks Eckel membuktikan bahwa terdapat praktik income smoothing pada perusahaan yang diteliti dan diperoleh hasil bahwa variabel ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap praktik income smoothing, sedangkan variabel profitabilitas (Return On Asset) dan reputasi auditor tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap praktik income smoothing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 05:18
Last Modified: 18 Aug 2023 02:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31084

Actions (login required)

View Item View Item