STUDI PUSTAKA DAN ANALISIS PERBEDAAN PERLAKUAN AKUNTANSI PSAK ETAP DAN PSAK BESAR UNTUK PENEMUAN KEMUDAHAN AKUNTANSI STANDAR ETAP

Aldric, Aldric (2011) STUDI PUSTAKA DAN ANALISIS PERBEDAAN PERLAKUAN AKUNTANSI PSAK ETAP DAN PSAK BESAR UNTUK PENEMUAN KEMUDAHAN AKUNTANSI STANDAR ETAP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Aldric 125070283 JA.pdf

Download (32kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan studi pustaka dan analisis perbedaan perlakuan akuntansi PSAK ETAP dan PSAK BESAR untuk menemukan kemudahan dari PSAK ETAP serta untuk mengetahui pendapat dari beberapa dosen dan ahli di bidang akuntansi mengenai penerapan PSAK ETAP ini. Desain penelitian yang digunakan tidak bisa ditentukan terlebih dahulu karena dapat berubah atau disesuaikan berdasarkan temuan pada saat melakukan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan wawancara dimana studi pustaka dilakukan dengan membandingkan PSAK ETAP dengan PSAK BESAR serta PSAK-PSAK revisi terbaru. Sedangkan wawancara dilakukan kepada beberapa dosen khususnya dosen Teori Akuntansi dan Seminar Akuntansi di Universitas Tarumangara serta beberapa ahli di bidang akuntansi. Perbedaaan PSAK ETAP dengan PSAK BESAR antara lain PSAK ETAP jauh lebih singkat dan ringkas dibanding PSAK BESAR, beberapa transaksi yang rumit dan jarang dilakukan UKM telah dihilangkan atau diabaikan, pengukuran yang dilakukan juga lebih sederhana, serta pengungkapan-pengungkapan yang dilakukan juga telah berkurang dan tidak terlalu rumit. Hasil penelitian di atas menunjukan bahwa penerapan PSAK ETAP ini memang memberikan kemudahan perlakuan akuntansi di dalam penyusunan laporan keuangan. Dari hasil penelitian lain melalui wawancara kepada beberapa dosen dan ahli di bidang akuntansi diperoleh kesimpulan bahwa penerapan PSAK ETAP ini memang lebih mudah dibandingkan PSAK BESAR terlebih lagi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat sehingga jika rencana dari DSAK untuk menerapkan PSAK ETAP secara terkomputerisasi maka UKM dapat dengan mudah menerapkan PSAK baru ini. Selain itu diperlukan peningkatan sosialisasi dari PSAK ETAP agar PSAK baru ini lebih dikenal oleh masyarakat luas misalnya dengan memberikan pelatihan-pelatihan, seminar-seminar, dan cara lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 05:20
Last Modified: 18 Aug 2023 03:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31085

Actions (login required)

View Item View Item