ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP TINDAKAN PERATAAN LABA ATAS PENGUMUMAN INFORMASI LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007 – 2009

Wijaya, Andrean (2011) ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP TINDAKAN PERATAAN LABA ATAS PENGUMUMAN INFORMASI LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007 – 2009. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Andrean Wijaya 125070011 JA.pdf

Download (108kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengkaji seberapa besar reaksi pasar yang ditimbulkan dari praktik perataan laba dan mengetahui perbedaan reaksi pasar atas pengumuman informasi laba antara perusahaan perata laba dan perusahaan bukan perata laba. Kemudian untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata variabel antara perusahaan perata laba dan bukan perata laba. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan perhitungan indeks Eckel , laba kejutan, akumulasi return tidak normal dan, pengujian statistik deskriptif, normalitas, One Sample T Test, Mann Whitney Test, Independent Sample T Test dan hipotesis dengan bantuan program SPSS Statistics 17.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, yaitu One Sample T Test diketahui bahwa terjadi rekasi pasar yang signifikan untuk perusahaan perata dan bukan perata laba untuk kelompok positive dan negative earning. Untuk pengujian Independent Sample T Test dan Mann Whitney Test, diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan reaksi pasar di sekitar, sebelum, dan sesudah tanggal pengumuman laba antara perusahaan perata dan bukan perata laba. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel lain yang dapat digunakan dalam perataan laba, dapat melakukan penambahan jumlah sampel penelitian, menggunakan metode klasifikasi lain selain indeks excel, dapat menggunakan periode estimasi dan periode peristiwa yang lebih panjang, dapat mengggunakan metode lain untuk menghitung beta koreksian, serta dapat menggunakan metode lain dalam menghitung return tidak normal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:09
Last Modified: 18 Aug 2023 03:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31089

Actions (login required)

View Item View Item