EVALUASI DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN SEDIAAN DENGAN PENDEKATAN RICH PICTURE PADA PT PUSAN MANIS MULIA MANIS MULIA

Angelia, Angelia (2011) EVALUASI DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN SEDIAAN DENGAN PENDEKATAN RICH PICTURE PADA PT PUSAN MANIS MULIA MANIS MULIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Angelia 125070231 JA.pdf

Download (59kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengevaluasi penerapan Sistem Informasi Akuntansi pada Sistem informasi Akuntansi Pembelian dan Sediaan yang telah dilakukan oleh perusahaan, membandingkannya dengan teori-teori yang telah dipelajari di perguruan tinggi, untuk kemudian melakukan perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Sediaan yang baru untuk perusahaan dengan menggunakan rich picture. Penelitian kepustakaan, dan penelitian lapangan telah dilakukan untuk mengetahui apakah pengendalian internal yang terdapat di dalam perusahan telah dilaksanakan secara efektif dan efisien. Perusahaan telah memiliki pengendalian internal yang cukup baik terhadap fungsi pembelian dan sediaan dalam hal pemisahan tugas dan otorisasi, namun masih terdapat beberapa masalah seperti yang terkait dengan kegiatan Pembelian: ketidakcocokan kualifikasi antara barang yang dipesan dengan yang diterima dan baru diketahui saat hendak digunakan, banyaknya retur pembelian, dan terdapat pembelian di luar kebutuhan produksi. Sementara itu, masalah pada Sediaan Bahan Baku adalah kekurangan bahan di tengah proses produksi, terdapat perbedaan antara jumlah bahan dalam laporan harian bahan dengan perhitungan fisik, dan belum tersedianya bahan ketika akan digunakan sehingga menghambat proses produksi. Masalah pada Sediaan Barang Jadi adalah kuantitas barang jadi yang masuk ke gudang lebih sedikit dibandingkan yang seharusnya, adanya hasil produksi yang tidak sesuai standar, dan ketidaksesuaian kuantitas barang jadi menurut laporan stok gudang jadi dengan perhitungan fisik. Dari masalah-masalah tersebut penulis memberi masukan berupa prosedur pembelian dan sediaan yang dapat diterapkan perusahaan guna meningkatkan kontrol internal dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:13
Last Modified: 18 Aug 2023 03:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31091

Actions (login required)

View Item View Item