KONSEKUENSI FINANSIAL PENGIMPLEMENTASIAN LEAN MANUFACTURING DENGAN MEDIASI PRAKTIK ADVANCED MANAGEMENT ACCOUNTING (STUDI EMPIRIK TERHADAP PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Antoni, Antoni (2011) KONSEKUENSI FINANSIAL PENGIMPLEMENTASIAN LEAN MANUFACTURING DENGAN MEDIASI PRAKTIK ADVANCED MANAGEMENT ACCOUNTING (STUDI EMPIRIK TERHADAP PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Antoni 125070371 JA.pdf

Download (55kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh implementasi lean manufacturing terhadap profitabilitas perusahaan dengan menggunakan mediasi advanced management accounting (dengan mereplikasi model Fullerton dan Wempe, 2008). Sampel penelitian ini adalah 154 responden (36.24% dari yang disebar) yang bekerja pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2009. Metode penelitian yang digunakan adalah riset kepustakaan dan penelitian lapangan, serta menggunakan alat analisis SEM (Structural Equation Modeling), dengan AMOS 18.0 untuk melakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari mediator advanced management accounting atas pengaruh implementasi lean manufacturing terhadap profitabilitas perusahaan. Hal ini terbukti dari perubahan tingkat signifikansi yang cukup signifikan variabel-variabel pengurangan waktu setup, implementasi cellular manufacturing, dan pengembangan kualitas produksi yang berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Implementasi cellular manufacturing tidak memiliki pengaruh langsung terhadap profitabilitas perusahaan, akan tetapi, bila dimediasi oleh praktik advanced management accounting maka akan menyebabkan peningkatan tingkat signifikansi menjadi signifikan positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:15
Last Modified: 18 Aug 2023 03:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31092

Actions (login required)

View Item View Item