PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009

Juliana, Bernice Beatrice (2011) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Bernice 125070306 JA.pdf

Download (62kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris untuk mengetahui apakah mekanisme good corporate governance dalam hal ini struktur kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba baik secara parsial maupun simultan. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS for Windows 17.00. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel bebas kepemilikan manajerial memiliki pengaruh yang signfikan dan positif terhadap manajemen laba. Variabel bebas kepemilikan institusional memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap manajemen laba. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap manajemen laba. Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa struktur kepemilikan manajerial, struktur kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan variabel mekanisme good corporate governance yang digunakan dapat diperbanyak, rentang waktu penelitian diperluas agar mendapat hasil yang dapat digeneralisasi, dan mempertimbangkan faktor ekonomi dan politik yang terjadi pada periode penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:40
Last Modified: 18 Aug 2023 06:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31105

Actions (login required)

View Item View Item