KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KAKAK DENGAN ADIK KANDUNG BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA KAKAK YANG MEMPUNYAI ADIK KANDUNG PENYANDANG AUTISME)

LAURANCE, JESSICA (2020) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KAKAK DENGAN ADIK KANDUNG BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA KAKAK YANG MEMPUNYAI ADIK KANDUNG PENYANDANG AUTISME). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
jessica.pdf

Download (184kB)

Abstract

Pada dasarnya setiap keluarga berharap memiliki anggota keluarga yang sehat secara jasmani maupun rohani. Hal tersebut tidak hanya semata-mata harapan setiap orang tua saja, melainkan seorang anak yang menjadi kakak juga mengharapkan kehadiran adik yang sehat secara jasmani maupun rohani. Namun kenyataannya beberapa keluarga dianugerahi anggota keluarga yang berkebutuhan khusus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal yang terjalin antara kakak dengan adik kandung yang berkebutuhan khusus. Teori utama penelitian ini yaitu teori komunikasi antarpribadi yang didukung dengan teori dialektika relasional dan teori pertukaran kasih sayang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan metode studi kasus. Teknik pengolahan dan analisa data adalah dengan pengodean. Kriteria pemilihan informan yaitu seorang kakak yang mempunyai adik kandung berkebutuhan khusus dan tinggal satu rumah dengan adiknya. Temuan penelitian ini adalah komunikasi interpersonal masih terjalin, komunikasi dilakukan dengan tatap muka tanpa medium, bentuk komunikasi kakak menyesuaikan kebutuhan adik, bentuk komunikasi adik umumnya berbentuk nonverbal, setiap informan mengalami dialektika relasional, dan pertukaran kasih sayang masih mungkin terjadi. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Dialektika Relasional, Kebutuhan Khusus, Penyandang Autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:40
Last Modified: 15 Jun 2021 06:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31106

Actions (login required)

View Item View Item