PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TANGGUNG JAWAB DAN PROFESI AKUNTAN PUBLIK (STUDI EMPIRIS PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TARUMANAGARA)

Lillyana, Cynthia (2011) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TANGGUNG JAWAB DAN PROFESI AKUNTAN PUBLIK (STUDI EMPIRIS PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TARUMANAGARA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Cynthia Lillyana 125070215 JA .pdf

Download (79kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi terhadap tanggung jawab dan profesi akuntan publik (studi empiris pada Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara). Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner kepada sampel yang telah ditetapkan oleh penulis. Mahasiswa yang menjadi sampel adalah mahasiswa akuntansi semester 5, yang telah lulus matakuliah auditing 1 dan mahasiswa akuntansi semester 7, yang telah lulus matakuliah auditing 1, auditing 2, dan konsentrasi seminar pemeriksaan akuntan pada periode penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah uji Z observasi dan uji beda, yaitu paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa akuntansi memiliki persepsi positif terhadap profesi akuntan publik dengan Z-hitung 100,38 lebih besar daripada Z-tabel sebesar 1,65. Penelitian juga menunjukkan tidak ada perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi semester 5 dan 7 terhadap profesi akuntan publik, yang diproksikan dengan sub-variabel knowledge, skill, dan ethic. Nilai signifikansi masing-masing adalah sebesar 0,986; 0,767; 0,299. Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi semester 5 dan semester 7 terhadap tanggung jawab akuntan publik, dengan signifikansi sebesar 0,000. Untuk penelitian selanjutnya peneliti menyarankan untuk memperluas penelitian persepsi ke kelompok profesi seperti akuntan manajemen, akuntan publik, dan dosen akuntansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 08:38
Last Modified: 18 Aug 2023 06:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31126

Actions (login required)

View Item View Item