PEMBERITAAN KASUS PT PLN (PERSERO) DI MEDIA SIBER DAN PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN BLACKOUT LISTRIK 4 AGUSTUS 2019 DI OKEZONE.COM)

LAVENIA, LAVENIA (2020) PEMBERITAAN KASUS PT PLN (PERSERO) DI MEDIA SIBER DAN PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN BLACKOUT LISTRIK 4 AGUSTUS 2019 DI OKEZONE.COM). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Abstrak Skrpsi (Lavenia-915160011).pdf

Download (8kB)

Abstract

Abstrak : Peristiwa blackout listrik pada 4 Agustus 2019 di daerah Banten, Jakarta, Jawa Barat, hingga sebagian Jawa Tengah, menimbulkan banyak dampak yang dirasakan oleh warga. Kasus ini berkaitan langsung dengan kepentingan publik, sehingga sebagian besar media massa termasuk media siber memberitakan informasi terkait. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Okezone.com mengkonstruksikan fakta atau isu yang kontroversial untuk membingkai suatu peristiwa menjadi berita serta untuk menggambarkan bagaimana aplikasi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam pembingkaian beritanya. Teori yang digunakan adalah berita sebagai konten media serta media dan jurnalistik online. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, lalu penulis mengkaji penerapan KEJ pasal 1 sampai dengan pasal 4 dalam data kerangka framing pemberitaan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Okezone.com membingkai pemberitaan mengenai blackout listrik 4 Agustus 2019 dengan menerapkan prinsip cover both side. Okezone.com mengemas isu-isu kontroversial terkait dengan menonjolkan sudut pandang yang cenderung menyudutkan dan berpotensi menggiring opini publik negatif terhadap pihak PLN. Kemudian, Okezone.com masih cukup baik dalam menerapkan KEJ pasal 1 hingga pasal 4, karena hanya kaidah pasal 2 yang beberapa terindikasi diabaikan dalam pemberitaan blackout listrik 4 Agustus 2019. Kata Kunci : Analisis Framing, Blackout Listrik 4 Agustus 2019, Kode Etik Jurnalistik, Media Siber

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Jun 2021 06:51
Last Modified: 17 Jun 2021 06:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31194

Actions (login required)

View Item View Item