PENGARUH PENGGUNAAN NEW MEDIA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN (STUDI TENTANG MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM PEMENUHAN INFORMASI DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA)

NIA, LEA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN NEW MEDIA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN (STUDI TENTANG MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM PEMENUHAN INFORMASI DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
lea.pdf

Download (10kB)

Abstract

Pada awalnya, media adalah sesuatu yang dikendalikan oleh para pemiliknya, yakni kaum yang berkepentingan. Namun setelah teknologi internet tercipta, media baru membuat orang memiliki akunnya sendiri dan menciptakan konten mereka masing-masing. Penelitian Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Facebook terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi dan mengapa ibu rumah tangga menggunakan Facebook sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi mereka, hal ini nantinya dapat diukur dan di deskripsikan. Penelitian ini didasari banyaknya ibu rumah tangga yang terlihat menggunakan Facebook untuk mencari informasi alih-alih mesin pencarian Google. Beberapa konsep yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah penggunaan internet, pemenuhan kebutuhan, new media, dan media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification, teori nilai dugaan, dan teori media baru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan campuran (mix-method), yaitu penggabungan dari metode kuantitatif dan kualitatif, dan menggunakan metode studi kasus. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh dari variabel Penggunaan Facebook terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Kalangan Ibu Rumah Tangga, serta alasan yang paling umum ibu rumah tangga memilih Facebook karena dirasa lebih familiar, mudah, dan lengkap. Kata Kunci: New Media, media sosial Facebook, ibu rumah tangga, informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Jun 2021 06:55
Last Modified: 17 Jun 2021 06:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31195

Actions (login required)

View Item View Item