BRAND RELATIONSHIP PADA KOMUNITAS MARVEL INDONESIA (STUDI ANALISIS FILM AVENGERS: ENDGAME).

Saputra, Ivander Wilson (2020) BRAND RELATIONSHIP PADA KOMUNITAS MARVEL INDONESIA (STUDI ANALISIS FILM AVENGERS: ENDGAME). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ivander.pdf

Download (7kB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi yang muncul serta seberapa besar ketertarikan penggemar terhadap film Avengers: Endgame. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi massa, film, brand, dan brand relationship. Pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subyek dari penelitian adalah Komunitas Marvel Indonesia dengan objek film Avengers: Endgame. Pengumpulan data dilakukan dengan cara riset online, wawancara, dan studi pustaka. Yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah pendiri komunitas, pakar film, pakar bisnis dan penggemar Avengers. Analisis data menggunakan data model interaktif serta triangulasi data sumber dengan hasil yang telah didapat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terciptanya hubungan antara sebuah brand Avengers: Endgame dengan Komunitas Marvel Indonesia serta penggemarnya. Hubungan ini telah mencapai tingkat best friends dan crucial friends dalam menyambut Avengers. Hal ini diperkuat dengan bioskop yang penuh serta penggemar yang sampai membeli atribut-atribut superhero kesayangannya. Kata Kunci : Komunikasi Massa, Brand, Brand Relationship, Avengers, Komunitas Marvel Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Jun 2021 07:18
Last Modified: 17 Jun 2021 07:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31203

Actions (login required)

View Item View Item