Perancangan Media Interaktif Augmented Reality “#Beranilawan” dalam Meningkatkan Kesadaran Melawan Kekerasan Seksual

Nadya, Nadya (2021) Perancangan Media Interaktif Augmented Reality “#Beranilawan” dalam Meningkatkan Kesadaran Melawan Kekerasan Seksual. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625170047_Nadya_01 Cover.pdf

Download (62kB)
[img] Text
625170047_Nadya_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (51kB)
[img] Text
625170047_Nadya_03 Surat Pernyataan.pdf

Download (77kB)
[img] Text
625170047_Nadya_04 Kata Pengantar.pdf

Download (63kB)
[img] Text
625170047_Nadya_05 Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (5kB)
[img] Text
625170047_Nadya_06 Daftar Isi.pdf

Download (6kB)
[img] Text
625170047_Nadya_07 Daftar Gambar.pdf

Download (6kB)
[img] Text
625170047_Nadya_08 Daftar Bagan.pdf

Download (2kB)
[img] Text
625170047_Nadya_09 Daftar Tabel.pdf

Download (1kB)
[img] Text
625170047_Nadya_10 Abstrak.pdf

Download (102kB)

Abstract

Selama masa pandemi COVID-19, tingkat kekerasan seksual di ranah personal meningkat pesat. Selain itu, kasus Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) juga makin meningkat tiap tahunnya. Peningkatan ini merupakan hal yang perlu diperhatikan, mengingat masih banyak korban kekerasan seksual belum berani meminta bantuan dikarenakan kebiasaan victim blaming atau menyalahkan korban, serta masih banyak mereka yang belum mengerti cara menemani korban. Penggunaan media interaktif Augmented Reality dapat menjadi cara menyampaikan informasi mengenai kekerasan seksual di ranah personal dan KBGO yang baik. Augmented Reality diterapkan dalam buku panduan “#BeraniLawan”. Buku panduan ini berisikan informasi dan panduan seputar kekerasan seksual di ranah personal dan KBGO dalam bentuk teks dan ilustrasi. Audiens dapat melakukan scan pada ilustrasi yang terdapat pada buku panduan sehingga dapat melihat gambaran yang lebih jelas dan eksplisit mengenai kekerasan seksual. Augmented Reality memiliki sifat opsional, sehingga audiens yang memiliki trauma akan kekerasan seksual dapat memilih untuk tidak mengakses Augmented Reality tertentu sehingga tidak memicu trauma mereka datang kembali, namun tetap mendapatkan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 21 Jun 2021 05:46
Last Modified: 21 Jun 2021 05:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31243

Actions (login required)

View Item View Item