Studi Keberhasilan Pengelolaan Objek Wisata Taman Tebing Breksi Berbasis Community Based Tourism (CBT) oleh Masyarakat Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman

Mervelito, Maria Gratia Plena (2020) Studi Keberhasilan Pengelolaan Objek Wisata Taman Tebing Breksi Berbasis Community Based Tourism (CBT) oleh Masyarakat Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345160020_Maria Gratia Plena Mervelito_01 Cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
345160020_Maria Gratia Plena Mervelito_02 Tanda Pengesahan Ahir Tugas.pdf

Download (224kB)
[img] Text
345160020_Maria Gratia Plena Mervelito_03 Kata Pengantar.pdf

Download (227kB)
[img] Text
345160020_Maria Gratia Plena Mervelito_04 Abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text
345160020_Maria Gratia Plena Mervelito_05 Pernyataan Keaslian Tugas.pdf

Download (223kB)
[img] Text
345160020_Maria Gratia Plena Mervelito_06 Daftar Isi, Gambar, Tabel, dan Lampiran.pdf

Download (360kB)

Abstract

Saat ini, sektor pariwisata merupakan sektor yang cukup potensial untuk dikembangkan di Indonesia, karena dianggap membawa dampak positif sebagai penggerak aktivitas perekonomian di negara ini. Selain itu, berkembangnya objek-objek wisata diharapkan juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya dan mengedukasi masyarakat untuk dapat mengembangkan daerahnya sendiri. Taman Tebing Breksi di Kabupaten Sleman, Yogyakarta adalah salah satu objek yang memiliki potensi wisata yang berhasil dikelola dengan menggunakan konsep Community Based Tourism (CBT) oleh masyarakat Desa Sambirejo. Belum diketahuinya faktor-faktor yang menentukan keberhasilan dalam pengelolaan merupakan permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan objek wisata Taman Tebing Breksi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor keberhasilan pengelolaan objek wisata Taman Tebing Breksi yang menerapkan konsep Community Based Tourism (CBT). Konsep CBT merupakan salah satu cara untuk menciptakan industri pariwisata berkelanjutan di suatu daerah, dimana partisipasi masyarakat setempat dibutuhkan dalam mengembangkan objek wisata sehingga pengelolaanya berhasil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan melakukan survey lapangan ke lokasi wisata dan wawancara mendalam (in-depth interview) dengan pihak terkait, sedangkan untuk pengunpulan data kualitatif dilakukan dengan pengisian kuesioner oleh pengunjung. Penelitian ini mendapatkan hasil berupa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pengelolaan objek wisata Taman Tebing Breksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:10
Last Modified: 22 Jun 2021 06:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31255

Actions (login required)

View Item View Item