PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN (GROWTH) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016 – 2018.

Indrawan, Tania (2020) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN (GROWTH) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016 – 2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
TANIA INDRAWAN- 125160108 JA.pdf

Download (771kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kepemilikan institusional, leverage, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan 54 data dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling selama periode 2016-2018. Data dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional dan profitabilitas (ROA) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba, leverage (DAR) memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba, serta pertumbuhan perusahaan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba. Kata kunci: Manajemen Laba, Kepemilikan Institusional, Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:35
Last Modified: 22 Jun 2023 07:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31302

Actions (login required)

View Item View Item