PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DALAM RANGKA MEMINIMALKAN PEMBAYARAN BEBAN PAJAK PENGHASILAN PADA PT. ENAK ABADI MAKMUR 2017.

Wijaya, Joshua A (2020) PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DALAM RANGKA MEMINIMALKAN PEMBAYARAN BEBAN PAJAK PENGHASILAN PADA PT. ENAK ABADI MAKMUR 2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
JOSHUA A WIJAYA- 125140159 JA.pdf

Download (419kB)

Abstract

Pajak ialah sumber penerimaan negara yang akan dipakai untuk membiayai pengeluaran negara. Bagi perusahaan, pajak merupakan beban yang dapat mengurangi laba bersih perusahaan.Agar beban itu dapat ditekan seminimal mungkin maka perlu dilakukan penerapan manajemen pajak yang efektif melalui perencanaan pajak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari perencanaan pajak untuk menghemat pembayaran pajak pada PT. Enak Abadi Makmur.Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode perencanaan pajak yang dapat digunakan oleh PT. Enak Abadi Makmur adalah menggunakan gross up method dalam perhitungan pajak PPh 21 karyawan, membuat daftar nominative untuk biaya entertainment, dan mengelola biaya komisi menjadi biaya yang dapat diakui oleh fiskal. Dengan dilakukannya perencanaan pajak yang baik dan tepat maka PT. Enak Abadi Makmur dapat menghemat pajak sebesar 12.14% yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk hal yang lebih berguna dan bermanfaat. Kata Kunci: Perencanaan pajak, Manajemen Pajak, Penghematan Pajak, PPh terutang badan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2021 07:15
Last Modified: 22 Jun 2023 04:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31333

Actions (login required)

View Item View Item