Perlindungan Konsumen atas Informasi yang Benar terhadap Promosi Produk dalam Transaksi Perdagangan Elektronik Menurut Undang–Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Lanosta, Evita (2021) Perlindungan Konsumen atas Informasi yang Benar terhadap Promosi Produk dalam Transaksi Perdagangan Elektronik Menurut Undang–Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (116kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEABSAHAN SKRIPSI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuka peluang-peluang baru bagi pelaku usaha dalam melakukan transaksi bisnis yang disebut transaksi perdagangan elektronik atau electronic commerce (e-commerce). Ketatnya persaingan antar pelaku usaha membuat para pelaku usaha berlomba–lomba menciptakan strategi bisnis untuk menarik konsumen salah satu strategi yang ditempuh oleh para pelaku usaha yakni mengadakan tawaran atau promosi dalam berbagai bentuk termasuk dalam transaksi perdagangan elektronik tersebut. Namun promosi tersebut terkadang menimbulkan janji yang tidak sesuai dengan isi perjanjian yang diberikan oleh pelaku usaha. Salah satu kasus promosi produk yang menyesatkan konsumen adalah kasus PT. Vega Data Indonesia yang telah sampai ke pengadilan dengan putusan Pengadilan Negeri No. 524/Pid.Sus/2020/PN Jkt.Utr. Bagaimana seharusnya bentuk perlindungan konsumen atas informasi yang benar terhadap promosi produk dalam transaksi perdagangan elektronik menurut Undang–Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan peraturan terkait lainnya? Peneliti meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif. Data penelitian memperlihatkan adanya pelanggaran hukum kewajiban pelaku usaha untuk memberikan informasi yang benar terhadap promosi produk oleh pelaku usaha yang mengakibatkan konsumen mengalami kerugian. Bentuk perlindungan hukum konsumen yang ada meliputi dua hal, yaitu perlindungan dalam arti pencegahan (preventif) serta perlindungan hukum represif (penindakan) Bentuk perlindungan preventif (pencegahan) adalah pembinaan dan pengawasan terhadap konsumen, sedangkan bentuk perlindungan represif meliputi upaya penyelesaian sengketa melalui jalur (pengadilan) litigasi dan non litigasi (di luar pengadilan). Perlindungan hukum bagi konsumen pengguna jasa pinjaman online oleh PT. Vega Data Indonesia merupakan perwujudan bentuk perlindungan hukum represif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. A.M. Tri Anggraini, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: promosi, Hukum Perlindungan Konsumen
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 29 Jun 2021 22:40
Last Modified: 29 Jun 2021 22:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31375

Actions (login required)

View Item View Item