Perlindungan Hukum Bagi Driver Ojek Online Terhadap Pembatalan Sepihak Oleh Konsumen Yang Tidak Beritikad Baik

Megawati, Sinthiarahma Felyna (2021) Perlindungan Hukum Bagi Driver Ojek Online Terhadap Pembatalan Sepihak Oleh Konsumen Yang Tidak Beritikad Baik. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan.pdf

Download (36kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (39kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar.pdf

Download (96kB)
[img] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (37kB)
[img] Text
6. Abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text
7. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
8. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
9. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
10. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
11. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
22. Surat Keabsahan dan Keaslian Skripsi.pdf

Download (220kB)

Abstract

Perlindungan hukum memberikan perlindungan kepada pihak-pihak yang hak dan kewajiban nya telah dirugikan. Penggunaan transportasi online berbasis aplikasi sangat dibutuhkan, adanya kehadiran Gojek dengan berbagai layanan salah satunya adalah Go-Food. Layanan pesan antar makanan untuk konsumen. Dalam pelaksanaannya terjadi pembatalan oleh konsumen yang tidak beritikad baik ketika makanan telah dibayarkan. Bagaimana perlindungan hukum bagi driver ojek online terhadap pembatalan sepihak oleh konsumen yang tidak beritikad baik berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen? Penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif dan menggunakan data wawancara sebagai penunjang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagai driver yang mengalami kerugian akibat pembatalan tersebut berhak mendapatkan perlindungan hukum dan PT Gojek Indonesia sebagai penyedia aplikasi turut bertanggung jawab atas kerugian tersebut walaupun dalam isi perjanjian terdapat pengalihan tanggung jawab. Akibatnya, belum terlihat jelas pihak mana yang dapat bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh driver. Seharusnya pemaparan mengenal tanggung jawab para pihak diatur seacra jelas di dalam perjanjian kemitraan antara PT Gojek Indonesia dan driver yang dibuat atas persetujuan bersama terkait bentuk tanggung jawab dan perlindungan hukum yang di dapatkan driver.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pembatalan Sepihak, Gojek
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 30 Jun 2021 14:11
Last Modified: 30 Jun 2021 14:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31411

Actions (login required)

View Item View Item