Megawati, Sinthiarahma Felyna (2021) Perlindungan Hukum Bagi Driver Ojek Online Terhadap Pembatalan Sepihak Oleh Konsumen Yang Tidak Beritikad Baik. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
1. Cover.pdf Download (34kB) |
|
Text
2. Lembar Persetujuan.pdf Download (36kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (39kB) |
|
Text
4. Kata Pengantar.pdf Download (96kB) |
|
Text
5. Daftar Isi.pdf Download (37kB) |
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (37kB) |
|
Text
7. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
Text
8. Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
9. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
Text
10. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
11. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text
22. Surat Keabsahan dan Keaslian Skripsi.pdf Download (220kB) |
Abstract
Perlindungan hukum memberikan perlindungan kepada pihak-pihak yang hak dan kewajiban nya telah dirugikan. Penggunaan transportasi online berbasis aplikasi sangat dibutuhkan, adanya kehadiran Gojek dengan berbagai layanan salah satunya adalah Go-Food. Layanan pesan antar makanan untuk konsumen. Dalam pelaksanaannya terjadi pembatalan oleh konsumen yang tidak beritikad baik ketika makanan telah dibayarkan. Bagaimana perlindungan hukum bagi driver ojek online terhadap pembatalan sepihak oleh konsumen yang tidak beritikad baik berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen? Penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif dan menggunakan data wawancara sebagai penunjang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagai driver yang mengalami kerugian akibat pembatalan tersebut berhak mendapatkan perlindungan hukum dan PT Gojek Indonesia sebagai penyedia aplikasi turut bertanggung jawab atas kerugian tersebut walaupun dalam isi perjanjian terdapat pengalihan tanggung jawab. Akibatnya, belum terlihat jelas pihak mana yang dapat bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh driver. Seharusnya pemaparan mengenal tanggung jawab para pihak diatur seacra jelas di dalam perjanjian kemitraan antara PT Gojek Indonesia dan driver yang dibuat atas persetujuan bersama terkait bentuk tanggung jawab dan perlindungan hukum yang di dapatkan driver.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Pembatalan Sepihak, Gojek |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | FH Perpus |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 14:11 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 14:11 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31411 |
Actions (login required)
View Item |