Komunikasi Antarpribadi Guru dan Murid dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa SMP Stella Maris, Teluk Gong, Jakarta Utara

Elizabeth, Elizabeth (2018) Komunikasi Antarpribadi Guru dan Murid dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa SMP Stella Maris, Teluk Gong, Jakarta Utara. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Komunikasi antar pribadi antara guru dan murid dapat terjadi kapan pun, terutama pada saat proses belajar di kelas. Guru menjelaskan materi pelajaran dan apabila ada murid yang tidak mengerti maka guru mencoba menjelaskan kembali pelajaran dengan nada suara yang keras agar terdengar jelas oleh murid di kelas. Penggunaan nada suara yang keras dan komunikasi non verbal membantu memperjelas pesan komunikasi antarpribadi di dalam upaya membentuk kepercayaan diri siswa. Nada suara yang keras menginsyaratkan guru itu memiliki rasa percaya diri sehingga diharapkan dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi antarpribadi guru dan murid dalam membentuk kepercayaan diri siswa SMP Stella Maris, Teluk Gong, Jakarta Utara. Teori yang digunakan yakni Jendela Johari (konsep diri) untuk komunikasi antarpribadi dan teori kepercayaan diri. Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak tiga guru sekolah, dua orang tua siswa, dan dua siswa SMP. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam. Teknik analisis data secara kualitatif dengan menggunakan Model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi guru dan murid di SMP Stella Maris membentuk kepercayaan diri siswa. Guru menggunakan nada suara yang tegas di dalam proses belajar di kelas, memberikan pujian kepada siswa yang berprestasi, mendengarkan pendapat siswa untuk membangkitkan rasa percaya diri dan keberanian, mengajarkan kepada para siswa untuk terbuka dalam berkomunikasi, menyarankan kegiatan ekstrakurikuler kepada siswa, dan meminta siswa memperhatikan guru saat di kelas. Pihak sekolah menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai hobi, memperhatikan guru mengajar di kelas, tidak memotong pembicaraan kepada guru maupun teman di sekolah, dan bergaul dengan teman di sekolah. Keywords komunikasi antarpribadi, kepercayaan diri, peran guru, siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:09
Last Modified: 25 Aug 2021 03:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31448

Actions (login required)

View Item View Item