Kampanye Meningkatkan Kesadaran Tentang Donor Darah Bagi Remaja Usia 17-22 Tahun

Lauwinata, Jessica (2020) Kampanye Meningkatkan Kesadaran Tentang Donor Darah Bagi Remaja Usia 17-22 Tahun. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625150016_Jessica Lauwinata_01 Cover.pdf

Download (54kB)
[img] Text
625150016_Jessica Lauwinata_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (60kB)
[img] Text
625150016_Jessica Lauwinata_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (61kB)
[img] Text
625150016_Jessica Lauwinata_04 Abstrak.pdf

Download (79kB)

Abstract

Darah merupakan bagian terpenting didalam tubuh. Akan tetapi ketika seseorang mengeluarkan darah dengan jumlah yang banyak akibat pendarahan berat, dikarenakan kecelakaan maupun melahirkan dan mengidap penyakit tertentu, maka seseorang membutuhkan darah yang diberikan melalui transfusi darah. Darah itu sendiri dapat di peroleh melalui Palang Merah Indonesia (PMI) yang didapat dari pendonor yang melakukan donor darah secara sukarela. PMI sendiri memiliki beberapa kendala saat bekerja, salah satunya ketika menalami kekurangan kantong darah di Jakarta pada saat bulan-bulan tertentu seperti saat bulan ramadhan, libur anak sekolah, libur natal, dan tahun baru. Sedangkan pada saat bulan-bulan tersebut permintaan kantong darah sangat tinggi dikarenakan adanya intensitas penggunaan transportasi umum yang cenderung meningkat setoa[ tahunnya dan biasanya diiringi dengan peningkatan jumlah risiko kecelakaan transportasi lalu lintas. Menurut dari permasalahan yang ada maka dibuatlah perancangan Kampanye Meningkatkan Kesadaran Tentang Donor Darah Bagi Remaja Usia 17-22 Tahun dengan tujuan mengurangi permasalahan yang terjadi dengan menggunakan proses adopsi AISAS (Awareness, Interest, Search, Action, dan Share). Awareness menggunakan media poster tahap 1 dan instagram, Interest menggunakan poster tahap 2, instagram profile, dan sponsored, Search menggunakan line today dan website, Action menggunakan event donor sedangkan share menggunakan photo chalange. Proses eksekusi media menggunakan big idea "anak muda kekinian mau donor" dan visualnya menggunakan tone berwarna warm yang memberikan kesan kehangatan serta keceriaan. Foto yang di gunakan adalah foto footage sehingga bisa meyakinkan para target sasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:13
Last Modified: 06 Jul 2021 08:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31573

Actions (login required)

View Item View Item