Fasilitas Kebugaran dengan Pengalaman GYM Virtual

Jessica, Jessica (2019) Fasilitas Kebugaran dengan Pengalaman GYM Virtual. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315150029_JESSICA_01 Cover.pdf

Download (199kB)
[img] Text
315150029_JESSICA_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (180kB)
[img] Text
315150029_JESSICA_03 Abstrak.pdf

Download (667kB)

Abstract

Jakarta memiliki tingkat ekonomi yang tinggi dan terus meningkat. Generasi millennial sebagai masyarakat usia produktif bekerja mulai merasa stress, tertekan, jenuh, emosi, bahkan depresi akibat persaingan ckonomi dan tuntutan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan.hidupnya. Beberapa tindakan pencegahan tingkat stress sescorang dapat dilakukan dengan cara relaksasi diri, rekreasi/ berlibur, melakukan hobi, dan berolahraga. Sayangnya, generasi millennial hanya memiliki sedikit waktu untuk relaksasi dan bersenang-senang. Mereka dihadapkan pada gaya hidup yang sibuk, sehingga mengabaikan kesehatan dininya, termasuk aktivitas fisik dan kecukupan asupan nutrisi. Sebagian generasi millennial sudah sadar akan pentingnya keschatan sejak dini dan terobsesi dengan gaya hidup sehat. Misalnya, mereka mulai meluangkan waktunya untuk gym scbelum ataupun sesudah bekerja. Sedangkan sebagian lainnya, masih memiliki persepsi bahwa akitivitas fisik/ olahraga/ gym ini adalah suatu kegiatan yang meyulitkan, memakan banyak waktu, dan membosankan. Dengan adanya kemajuan teknologi. seperti virtual reality tidak hanya sekedar dimanfaatkan dalam dunia hiburan, pendidikan, dan penelitian. Virtual reality ini dapat diterapkan dalam gym, menjadi suatu kegiatan olahraga yang menyenangkan, menantang, dan adiktif. Gym yang dilakukan akan terasa seperti bermain games, scolah-olah berada di dunia penuh imajinasi, padahal secara tidak langsung mereka sudah membakar kalori saat aktif bergerak, sehingga membuat sehat dan bugar. Hal ini tentunya memberi pengalaman baru bagi generasi millennial yang bersifat suka mencoba sesuatu yang baru, mengikuti tren, dan teknologi. Schingga munculah proyek Fasilitas Kebugaran dengan Pengalaman Gym Virtual. Adanya teknologi virtual reality menjadi keistimewahan khusus wadah kebugaran ini dibandingkan pusat kebugaran umumnya yang masih menggunakan peralatan gym konvensional. Tujuan proyek untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat untuk tetap menjaga keschatan dan kebugaran tubuhnya sebagai salah satu cara pencegahan stress di tengah kesibukan tuntutan pekerjaan. Metode desain yang digunakan yaitu tipologi. Selain dalam hal gym, di proyek ini juga dilengkapi fasilitas penunjangnya, seperti area makan yang menyediakan makanan-makanan sehat, area-area komunal untuk masyarakat bersosialisasi (trek jogging dan sepeda), dan untuk spa, relaksasi, hiburan, hingga retail.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 06 Jul 2021 16:08
Last Modified: 06 Jul 2021 16:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31599

Actions (login required)

View Item View Item