Analisis Strategi Pemberitaan Media Alternatif untuk Isu-Isu Berkaitan Dengan Kekerasan Pada Perempuan (Studi Kasus Magdalene Sebagai Media Online)

Resita, Della (2018) Analisis Strategi Pemberitaan Media Alternatif untuk Isu-Isu Berkaitan Dengan Kekerasan Pada Perempuan (Studi Kasus Magdalene Sebagai Media Online). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Media online dibagi menjadi media mainstream dan media alternatif. Media alternatif memiliki perbedaan dengan media mainstream. Media alternatif cenderung bersifat non-comercial dan bertujuan melawan hegemoni serta membela kaum minoritas. Salah satu media alternatif adalah Magdalene. Magdalene merupakan media online yang membahas mengenai isu perempuan, LGBT, kesetaraan, relationship, dating, dsb. Magdalene banyak melakukan kritik terhadap media yang menggunakan kalimat maupun bahasa yang seksis dalam melakukan pemberitaan. Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana strategi Magdalene sebagai media alternatif terhadap isu kekerasan terhadap perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Magdalene sebagai media alternatif dan objek penelitian adalah strategi pemberitaan yang dilakukan oleh Magdalene. Peneliti melakukan wawancara kepada para informan dan studi kepustakaan. Penelitian menunjukkan bahwa Magdalene melakukan strategi pemberitaan dengan cara membuat konten yang beragam dengan selalu memperbaharui konten, menampilkan tampilan website yang lebih menarik, penggunaan bahasa populer agar pembaca jadi lebih tertarik untuk membaca. Magdalene juga melakukan branding kepada lembaga luar agar lebih dikenal dan melakukan promosi melalui media sosial untuk menarik pembaca. Keywords media online; media alternatif; strategi pemberitaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:24
Last Modified: 25 Aug 2021 03:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31646

Actions (login required)

View Item View Item