Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pembaca Detikcom

Susanto, Elsa (2018) Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pembaca Detikcom. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motif dan kualitas informasi terhadap kepuasan pembaca Detikcom. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification, motif penggunaan media, kualitas informasi dan kepuasan. Detikcom adalah sebuah portal web yang berisi artikel online di Indonesia. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunduh detikcom dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang dan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini denggan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa secara parsial atau simultan, motif dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pembaca detikcom. Pada dimensi motif, indikator motif informasi merupakan indikator yang paling banyak dipilih oleh responden sedangkan pada dimensi kualitas informasi, indikator relevansi berita merupakan indikator yang paling banyak dipilih oleh responden. Variabel yang lebih berpengaruh terhadap kepuasan merupakan variabel kualitas informasi. Persentase kepuasan yang didapatkan responden dalam penelitian terhadap detikcom adalah sebesar 74,23%. Keywords motif; kualitas informasi; berita online; kepuasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:24
Last Modified: 25 Aug 2021 03:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31649

Actions (login required)

View Item View Item