Pemberitaan Kampanye Pemilihan Presiden 2019 Di Media Siber dan Penerapan Elemen Jurnalisme (Analisis Framing Pada Okezone.Com dan Suara.Com)

Handayani, Esti Sri (2018) Pemberitaan Kampanye Pemilihan Presiden 2019 Di Media Siber dan Penerapan Elemen Jurnalisme (Analisis Framing Pada Okezone.Com dan Suara.Com). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Proses kampanye Pemilu 2019 tidak luput dari mata media. Undang Undang No.40 Tahun 1999 tentang Pers, sistem komunikasi politik dan relasi antara pemerintah dengan pers dapat berlangsung seimbang. Berbagai media massa termasuk media daring di Indonesia, menyajikan berbagai informasi dan berita terkait dengan kampanye pemilihan umum. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana okezone.com dan suara.com merekonstruksikan sebuah realita untuk membingkai peristiwa menjadi berita serta mengetahui bagaimana aplikasi elemen jurnalisme dalam pembingkaian berita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian Analisis Framing Model Zhongdan Pan & Kosicki. Data dalam kerangka framing dikaji menggunakan Elemen-Elemen Jurnalisme Bill Kovach. Pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan pada masing-masing media, studi kepustakaan, penelusuran data daring serta didukung wawancara informan. Kesimpulan penelitian ini adalah okezone.com berada di garis belakang kubu petahana. Sementara suara.com yang mengklaim sebagai media independen, beberapa pemberitaan mengindikasikan keberpihakan pada kubu Prabowo. Penerapan kaidah Elemen Jurnalisme cukup baik, karena selama pemberitaan tentang kampanye Pilpres 2019. Namun, pada poin ke-8 sering terindikasi adanya pengabaian dalam pemberitaan tentang kampanye Pilpres 2019. Keywords Analisis Framing; Pemilihan Umum 2019; Elemen-elemen Jurnalisme; Media Siber

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:29
Last Modified: 25 Aug 2021 03:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31658

Actions (login required)

View Item View Item