Pengembangan Kawasan Kota Tepi Laut/Pantai yang Memperkuat Citra Kota (Objek Studi: Juwana, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah)

Monika, Rika (2015) Pengembangan Kawasan Kota Tepi Laut/Pantai yang Memperkuat Citra Kota (Objek Studi: Juwana, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345110026_Rika Monika_01 Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
345110026_Rika Monika_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (155kB)
[img] Text
345110026_Rika Monika_03 Kata Pengantar.pdf

Download (161kB)
[img] Text
345110026_Rika Monika_04 Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
345110026_Rika Monika_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (84kB)
[img] Text
345110026_Rika Monika_06 Daftar Isi.pdf

Download (174kB)

Abstract

Salah satu konsep perencanaan dan pengembangan kota berkaitan dengan citra kota adalah pemasaran kota (city marketing) yang salah satunya dilakukan melalui penciptaan brand yang dikenal dengan city branding (pencitraan kota). Berbagai kota melakukan upaya memperlihatkan karakterisik khusus yang dimiliki untuk dapat bersaing di era globalisasi saat ini, salah satunya melalui city branding. Kompetisi kota secara global untuk menarik pariwisata, investasi dan bakat, serta untuk mencapai banyak tujuan lain, konsep strategi merek semakin diadopsi dari dunia komersial dan diterapkan dalam mengejar pembangunan perkotaan, regenerasi dan kualitas hidup. Kota-kota di Pantai Utara Jawa memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan kondisi alam dan komoditas unggulan di sekitarnya. Juwana merupakan kecamatan yang menyumbang hasil bumi pertanian dan perikanannya untuk Kabupaten Pati, Jawa Tengah, di mana sebagian besar hasil perikanan Kabupaten Pati adalah dari Juwana. Berdasarkan studi faktual dan literatur, Juwana memiliki potensi hasil bumi dan memiliki sejarah yang melahirkan potensi budaya yang melekat pada Juwana dan mampu mempertahankannya turun-temurun. Pengembangan kawasan Juwana yang termasuk dalam kawasan tepi pantai/laut ini merujuk pada kota lain yang dianggap berhasil (benchmark). Juwana perlu melakukan pengembangan kawasan kotanya yang memperkuat citra kota dengan menyusun konsep, struktur, dan strategi pengembangan yang melibatkan semua pelaku pembangunan. Konsep Heritage City dapat diusung Juwana karena memiliki banyak heritage site dan budaya khas yang sejak dahulu melekat pada Juwana. Heritage City yang terdiri dari Natural Heritage, Cultural Heritage, dan Cultural-Landscape Heriage dimiliki oleh Juwana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 16 Jul 2021 09:21
Last Modified: 16 Jul 2021 09:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31694

Actions (login required)

View Item View Item