Rencana Penataan Kawasan Segitiga Jatinegara Sebagai Ikon Wisata Jakarta Timur (Objek Studi: Kawasan Segitiga Jatinegara, Kelurahan Balimester Dan Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, DKI Jakarta)

Jonathan, James (2019) Rencana Penataan Kawasan Segitiga Jatinegara Sebagai Ikon Wisata Jakarta Timur (Objek Studi: Kawasan Segitiga Jatinegara, Kelurahan Balimester Dan Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, DKI Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345140022_James Jonathan_01 Cover.pdf

Download (100kB)
[img] Text
345140022_James Jonathan_02 Kata Pengantar.pdf

Download (92kB)
[img] Text
345140022_James Jonathan_03 Abstrak.pdf

Download (35kB)
[img] Text
345140022_James Jonathan_04 Daftar Isi.pdf

Download (24kB)

Abstract

Kawasan Segitiga Jatinegara ini terletak di Kota Administratif Jakarta Timur yang dikenal memiliki nuansa kental sejarah dan perdagangan sebagai urat nadi ekonomi masyarakat sejak era kolonial di Indonesia. Sebagai pusat perdagangan dan jasa, Segitiga Jatinegara ini merupakan kawasan pembelanjaan yang unik, karena adanya pusat perdagangan tradisional atau pasar Regional Jatinegara (dahulu dikenal sebagai Pasar Meester), dan Pasar Batu Akik dan Permata Rawa Bening yang berlokasi di seberang Stasiun Jatinegara. Pasar Batu Akik sedemikian unik karena pasar ini menjual berbagai macam batu akik, permata dan barang-barang pusaka tidak hanya dikenal di Jakarta, tetapi juga dikenal hingga Mancanegara. Pada Perda no 1 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Detail Kecamatan Jatinegara dikatakan bahwa terdapat pengembangan kawasan pariwisata dengan pengembangan dan perbaikan fungsi kawasan wisata perkotaan dan pengembangan Pusat Kebudayaan Betawi di Kawasan Jatinegara Namun, masih terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di kawasan Segitiga Jatinegara seperti terdapat PKL yang berada di atas trotoar yang mengakibatikan ketidaknyaman para pejalan kaki serta menyebabkan matinya beberapa pertokoan dan pusat perbelanjaan di kawasan ini, masih kurangnya ruang terbuka hijau, banyak bangunan tua yang tidak terawat yang memiliki nilai sejarah, dan kurangnya lahan parkir yang mengakibatkan parkir liar di pinggir jalan. Maka itu, akan dilakukan beberapa penataan pada Kawasan Segitiga Jatinegara seperti meningkatkan fungsi kawasan, merevitalisasi bangunan-bangunan tua, menambah lahan parkir, menambah furniture street kawasan dan meningkatkan aksesibilitas kawasan, hal ini dilakukan agar menjadi kawasan dengan konsep Shopping Street yang memiliki ciri Khas dengan bangunan konservasi sebagai Ikon Wisata Jakarta Timur sebagai hasil dari penataan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 17 Jul 2021 05:01
Last Modified: 17 Jul 2021 05:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31738

Actions (login required)

View Item View Item