Rencana Revitalisasi Kawasan Perbelanjaan Pasar Baru dalam Rangka Meningkatkan Daya Tarik Sebagai Pusat Perbelanjaan Bersejarah (Objek Studi : Kawasan Perbelanjaan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.)

Karta, Evan Vincent (2019) Rencana Revitalisasi Kawasan Perbelanjaan Pasar Baru dalam Rangka Meningkatkan Daya Tarik Sebagai Pusat Perbelanjaan Bersejarah (Objek Studi : Kawasan Perbelanjaan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345150002_Evan Vincent Karta_01 Cover.pdf

Download (63kB)
[img] Text
345150002_Evan Vincent Karta_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (219kB)
[img] Text
345150002_Evan Vincent Karta_03 Abstrak.pdf

Download (322kB)
[img] Text
345150002_Evan Vincent Karta_04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (215kB)
[img] Text
345150002_Evan Vincent Karta_05 Daftar Isi.pdf

Download (262kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya tarik Pasar Baru agar dapat tetap eksis dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, serta trend masa kini, yang diharapkan dapat meningkatkan nilai sosial ekonomi kawasan tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah dengan menganalisis kebijakan-kebijakan yang pernah dan sedang diterapkan pada Pasar Baru, menganalisis potensi dan masalah dari lokasi dan tapak Pasar Baru, menganalisis key success factor dari objek studi bandingan, dan menganalisis persepsi serta preferensi masyarakat yang diambil melalui kuesioner. Untuk keseluruhan analisis tersebut dijelaskan secara deskriptif. Dan untuk analisis persepsi masyarakat, kuesioner disebarkan dengan metode purposive sampling karena jumlah populasi tidak diketahui secara pasti. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan potensi serta permasalahan yang dimiliki Pasar Baru seperti sarana/prasarana dan infrastruktur yang tidak terawat sehingga mengurangi kenyamanan pengunjung. Isu ini tentu akan menjadi salah satu faktor yang dapat mengancam eksistensi kegiatan ekonomi di Pasar Baru, yang tentunya tidak kita inginkan. Maka dari itu sudah selayaknya potensi Pasar Baru terus dikembangkan lebih lanjut, dan memperbaiki permasalahan yang terdapat pada pusat perbelanjaan Pasar Baru, sebagai salah satu pusat perbelanjaan tertua di Jakarta, yang merupakan peninggalan Bangsa Belanda dari tahun 1820 dan masih eksis hingga saat ini. Rencana revitalisasi ini yaitu mengedepankan perbaikan dari insfrastruktur jaringan jalan serta kegiatan yang terdapat di kawasan perbelanjaan Pasar Baru dengan hasil akhir yang dikeluarkan adalah masterplan dari koridor perbelanjaan Pasar Baru dalam bentuk 3D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 17 Jul 2021 05:07
Last Modified: 17 Jul 2021 05:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31740

Actions (login required)

View Item View Item