Karakterisitik Mekanis Campuran Laston Atas dengan Penambahan Serat Karbon

Tanton, Ewaldo (2020) Karakterisitik Mekanis Campuran Laston Atas dengan Penambahan Serat Karbon. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325160038_Ewaldo Tanton_01 Cover.pdf

Download (73kB)
[img] Text
325160038_Ewaldo Tanton_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (85kB)
[img] Text
325160038_Ewaldo Tanton_03 Kata Pengantar.pdf

Download (95kB)
[img] Text
325160038_Ewaldo Tanton_04 Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
325160038_Ewaldo Tanton_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (25kB)
[img] Text
325160038_Ewaldo Tanton_06 Daftar Isi.pdf

Download (156kB)

Abstract

Jalan raya merupakan prasarana transportasi yang sangat berperan penting pada perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat. Peningkatan jumlah kendaraan yang besar namun tidak diikuti dengan kualitas perkerasan jalan yang baik akan menyebabkan jalan banyak mengalami kerusakan kerusakan. Upaya untuk meningkatan kualitas perkerasan jalan (aspal) dilakukan salah satunya dengan menambahkan bahan tambah yang bervariasi guna mendapatkan kualitas aspal yang baik. Salah satu bahan tambah yang dapat digunakan dalam campuran lapis aspal beton yaitu serat karbon. Pada penelitian ini menggunakan serat karbon sebagai bahan tambah. Dengan membandingkan variasi kadar serat karbon pada karakteristik Marshall, dengan demikian akan diketahui manfaat penggunaan serat karbon terhadap campuran LASTON AC-WC. Untuk penelitian ini cara pencampuran LASTON AC-WC dengan serat karbon menggunakan metode Dry-Mix, dimana hanya dengan mencampurkan serat karbon secara langsung pada saat memasak aspal. Dengan menggunakan variasi kadar serat karbon 0.1%; 0.2%; 0.3% dan 0.4%, serta dengan kadar aspal 5.7%. Setelah didapatkan data campuran LASTON AC-WC penelitian dilanjutkan untuk menentukan kadar serat karbon optimum dengan metode narrow range. Kemudian dilanjutkan mengubah stabilitas Marshall menjadi modulus kemudian dimasukkan ke dalam program KENPAVE. Kemudian hasil pengujian tersebut dapat dilihat pada nilai Nd dan Nf dan syarat nilai Nr yaitu <2 yang dimana nilai-nilai tersebut berdasarkan Spesifikasi Umum Direktorat Jendral Bina Marga Edisi 2017 (revisi 1). Hasil dari penelitian ini telah memenuhi seluruh syarat yang telah ditetapkan dan berasarkan nilai Nd dan Nf dapat disimpulkan bahwa penggunaan serat karbon terhadap bahan tambahan campuran LASTON AC-WC dapat digunakan dalam usaha mengurangi biaya perawatan aspal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 19 Jul 2021 07:11
Last Modified: 19 Jul 2021 07:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31757

Actions (login required)

View Item View Item