PENGARUH SIKAP, PENDIDIKAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN DI UNIVERSITAS TARUMANAGARA

WIJAYA, ONDRO OKTO (2019) PENGARUH SIKAP, PENDIDIKAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN DI UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ONDRO OKTO WIJAYA 115140242 JA.pdf

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pengangguran yang menjadi masalah sangat penting dan harus diselesaikan agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, karena itu masalah tersebut harus diperkecil salah satunya dengan cara berwirausaha. Kenyataannya yang terjadi minat berwirausaha di kalangan mahasiswa di Universitas Tarumanagara khususnya masih tergolong rendah. Harapan dari penelitian ini adalah minat berwirausaha mahasiswa dapat meningkat, karena apabila mahasiswa memiliki minat berwirausaha yang tinggi maka mahasiswa akan lebih tertarik dan mengimplementasikannya dengan membuka peluang usaha baru. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa semester 1 sampai > 8 Jurusan Manajemen di Universitas Tarumanagara. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling. Dengan cara analisis data uji multikolinearitas, normalitas, heteroskedastisitas, uji regresi ganda, uji t, uji f, dan lain-lain. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini yaitu 1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Manajemen di Universitas Tarumanagara. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Jurusan Manajemen di Universitas Tarumanagara. 3) terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Jurusan Manajemen di Universitas Tarumanagara. Kata Kunci: Sikap, Pendidikan, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha. Pembimbing: ANDI WIJAYA, S.E., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 22 Jul 2021 08:42
Last Modified: 22 Jul 2021 08:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31865

Actions (login required)

View Item View Item