PENGARUH TEKNOLOGI, ORGANISASI, DAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA UKM DI INDONESIA DENGAN ADOPSI MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

ELEN, SHAREN (2019) PENGARUH TEKNOLOGI, ORGANISASI, DAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA UKM DI INDONESIA DENGAN ADOPSI MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Sharen Elen 115150094 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah teknologi, organisasi, lingkungan dapat mempengaruhi keputusan adopsi media sosial bagi UKM, adopsi media sosial yang dilakukan oleh UKM dapat mempengaruhi kinerja UKM, dan teknologi, organisasi, dan lingkungan dapat mempengaruhi kinerja UKM melalui adopsi media sosial. Sampel dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jumlah 100 responden UKM di Indonesia. Data diukur menggunakan skala Likert dan dianalisis dengan teknik proses menggunakan program SmartPLS 3.0. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi tidak berpengaruh terhadap keputusan adopsi media sosial yang dilakukan oleh UKM, organisasi berpengaruh positif terhadap keputusan adopsi media sosial yang dilakukan oleh UKM, lingkungan berpengaruh positif terhadap keputusan adopsi media sosial yang dilakukan oleh UKM, adopsi media sosial berpengaruh positif terhadap kinerja UKM, dan teknologi tidak mempengaruhi kinerja UKM melalui adopsi media sosial, tetapi organisasi dan lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja UKM melalui adopsi media sosial. Beberapa rekomendasi untuk penelitian disajikan berdasarkan kesimpulan dan saran mengenai hasil penelitian ini. Pembimbing: Hetty Karunia Tunjungsari, S.E., M.Si, Dr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:30
Last Modified: 23 Jul 2021 07:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31902

Actions (login required)

View Item View Item