Analisis Hubungan Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) Terhadap Tingkat Kecelakaan Pada Proyek Konstruksi

Wirawan, Andi Lay (2020) Analisis Hubungan Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) Terhadap Tingkat Kecelakaan Pada Proyek Konstruksi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325160100_Andi Lay Wirawan_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (154kB)
[img] Text
325160100_Andi Lay Wirawan_01 Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
325160100_Andi Lay Wirawan_03 Kata Pengantar.pdf

Download (71kB)
[img] Text
325160100_Andi Lay Wirawan_04 Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
325160100_Andi Lay Wirawan_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (13kB)
[img] Text
325160100_Andi Lay Wirawan_06 Daftar Isi.pdf

Download (38kB)

Abstract

Industri kontruksi pada umumnya dapat dikategorikan sebagai kegiatan yang banyak mengandung unsur bahaya dan sangat berisiko untuk terjadinya kecelakaan. Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu faktor utama dalam suatu pelaksanaan proyek konstruksi. Tingkat kecelakaan pada suatu proyek konstruksi sangat berhubungan dengan faktor penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja itu sendiri. Penerapan SMK3 perlu dilakukan untuk memberikan suasana lingkungan kerja yang baik, aman, dan nyaman, selain itu juga berguna untuk menghindari kecelakaan kerja. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui hubungan faktor penerapan sistem manajemen keselamatam dan kesehatan kerja terhadap tingkat kecelakaan apakah berkorelasi atau tidak, sehingga didapatkan faktor penerapan smk3 yang paling berhubungan dengan tingkat kecelakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode diskriptuf kuantitatif yaitu dengan penyebaran kuesioner yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu pengolahan data dilakukan dengan bantuan program terapan untuk didapatkan hasil uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan hasil korelasi dengan menggunakan metode Pearson Product Moment. Hasil dari analisis korelasi Pearson Product Moment menghasilkan 14 variabel yang berkorelasi terhadap tingkat kecelakaan dengan faktor yang paling berpengaruh adalah ketersediaan rambu-rambu tanda bahaya pada proyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 26 Jul 2021 23:01
Last Modified: 26 Jul 2021 23:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31981

Actions (login required)

View Item View Item