AKBAR, RIFAL (2019) EFEKTIVITAS DISKUSI PROBLEM BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
A. halaman sampul skripsi rifal.pdf Download (30kB) |
|
Text
B. halaman judul skripsi rifal.pdf Download (30kB) |
|
Text
C. hal pernyataan orisinalitas - daftar lampiran skripsi rifal.pdf Download (235kB) |
|
Text
1.pdf Download (96kB) |
|
Text
2.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
3.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
4.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
5.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
6.pdf Download (9kB) |
|
Text
REF.pdf Download (17kB) |
|
Text
LAMP.pdf Download (216kB) |
Abstract
Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara telah menerapkan Problem Based Learning (PBL) sebagai metode pembelajaran sejak tahun 2007. Kehidupan PBL bertumpu pada proses diskusi. Pada proses diskusi mahasiswa akan dihadapkan pada permasalahan dalam kehidupan nyata yang akan ditemukan pada saat menjadi dokter. Diskusi PBL mampu membantu mahasiswa menjadi lebih aktif, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan mendorong pembelajaran yang mendalam, sehingga dapat menjadi modal utama dalam menjalankan profesi di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas diskusi PBL di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan desain cross sectional. Penelitian ini menggunakan kuesioner Tutorial Group Effectiveness Instrument (TGEI) yang telah divalidasi dalam bahasa Indonesia. Kuesioner tersebut mencakup aspek kognitif, aspek motivasi, dan aspek demotivasi. Responden dalam penelitian ini yaitu 108 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara yang sedang mengikuti blok kegawat daruratan medik dan memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukan mayoritas responden yaitu sebanyak 79 orang (73,1%) menilai bahwa diskusi PBL yang berjalan di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara sudah efektif. Jika dilihat dari ketiga aspek yang dijadikan dasar penilaian efektivitas, 75 orang (69,4%) memberikan penilaian baik untuk aspek kognitif, 74 orang (68,5%) memberikan penilaian baik untuk aspek motivasi, dan 60 orang (55,6%) memberikan penilaian kurang baik untuk aspek demotivasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Widjaja, Yoanita |
Uncontrolled Keywords: | Discussion of problem based learning, Effectiveness of discussion, TGEI, diskusi problem based learning, efektivitas diskusi |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran |
Depositing User: | FK Perpus |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 03:25 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 03:25 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31984 |
Actions (login required)
View Item |