FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI DI RW 04 DESA PANGADEGAN KECAMATAN PASAR KEMIS KABUPATEN TANGERANG

AULIA, ANNISA (2015) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI DI RW 04 DESA PANGADEGAN KECAMATAN PASAR KEMIS KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
TOP.pdf

Download (286kB)
[img] Text
1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
6.pdf

Download (183kB)
[img] Text
REF.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMP.pdf

Download (417kB)

Abstract

Masalah kependudukan berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia baik berdampak terhadap kehidupan sosial budaya, perekonomian hingga, berdampak terhadap lingkungan dan alam. Jumlah penduduk akan semakin meningkat,jika tak di kendalikan akan menimbulkan masalah. Masalah selanjutnya adalah angka kematian ibu. Angka kematian ibu merupakan parameter penting bagi tingkat kesehatan Indonesia, angka kematian ibu di provinsi banten masih jauh dari target MDGs. Masalah ini dapat dicegah dengan pengendalian kelahiran menggunakan alat kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah PUS yang memakai alat KB dan yang tidak, tujuan yang lain adalah untuk melihat faktor – faktor PUS di RW 04 Desa Pangadegan Kabupaten Tangerang dalam penggunaan KB. Jenis penelitian menggunakan pendekatan survey, pemilihan sample menggunakan consecutive sampling dengan data awal seluruh PUS sebanyak 702 PUS. Sampel yang berhasil di jangkau dan memenuhi inklusi adalah 369 PUS. Analisis hasil penelitian meggunakan analisis deskriptif. Usia dengan frekuensi terbanyak adalah Dewasa akhir ( 36-45 tahun) sebanyak 127 (34,4%), Jumlah anak terbanyak adalah 1 anak yaitu 120 (32%), Tingkat pendidikan responden terbanyak adalah tingkat pendidikan rendah sebanyak 218 (59,1%), responden dengan pengetahuan KB baik sebesar 241(64,6%), responden dengan aksesibilitas baik sebanyak 238(64,5%), responden yang mempunyai budaya yang mendukung KB sebanyak 323 responden (87,5%). Faktor yang berpengaruh paling besar dalam pemakaian alat kontrasepsi di RW Desa Pangadegan Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang adalah Faktor Fasilitas klinik KB. Diharapkan kepada Dinas Kesehatan melakukan pendekatan dengan tenaga ahli untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Bentuk komunikasi yang diperlukan pada saat pemberian informasi dapat berupa konsultasi secara tatap muka maupun pengadaan penyuluhan tentang KB kepada masyarakat di RW 04 Desa Pangadegan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Surjadi, Tom
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:06
Last Modified: 27 Jul 2021 04:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31989

Actions (login required)

View Item View Item