Tanggung Jawab Pelaku Usaha Berkaitan dengan Penjualan Bahan Makanan Kadaluwarsa dan Tidak Memenuhi Standar yang Ditentukan : Studi Putusan Pengadilan Negeri Jember Nomor 258/Pid.Sus/2018/PN.Jmr

Marvel, Darren (2021) Tanggung Jawab Pelaku Usaha Berkaitan dengan Penjualan Bahan Makanan Kadaluwarsa dan Tidak Memenuhi Standar yang Ditentukan : Studi Putusan Pengadilan Negeri Jember Nomor 258/Pid.Sus/2018/PN.Jmr. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Pembuka Cover-Abstrak - DARREN MARVEL - 205140138.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB I DARREN MARVEL - 205140138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB II- DARREN MARVEL - 205140138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB III- DARREN MARVEL - 205140138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV - DARREN MARVEL - 205140138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB V - DARREN MARVEL - 205140138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - DARREN MARVEL - 205140138.pdf

Download (153kB)

Abstract

Saat ini masih banyak produk makanan kemasan yang beredar di pasaran tidak memenuhi standar yang ditentukan yaitu tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa, komposisi, berat bersih (netto) dan nama serta alamat produsen sehingga hal tersebut membahayakan konsumen. Permasalahan yang dihadapi dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana tanggung jawab pelaku usaha berkaitan dengan penjualan bahan makanan kadaluwarsa dan tidak memenuhi standar yang ditentukan (Studi Putusan Pengadilan Negeri Jember Nomor 258/Pid.Sus/2018/PN.Jmr.) Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif, yaitu mengkaji hukum yang dikonsepkan sebagai norma atau kaidah yang berlaku dalam masyarakat, dan menjadi acuan perilaku setiap orang. Sifat penelitianya adalah deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan data yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala-gejala lainnya. Jenis data yang terlebih dahulu ditelusuri adalah data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik pengolahan datanya dilakukan secara kualitatif dengan melakukan penafsiran/interpretasi terkait dengan tanggung jawab pelaku usaha berkaitan dengan penjualan bahan makanan kadaluarsa dan tidak memenuhi standar yang ditentukan (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Jember Nomor 258/Pid.Sus/2018/PN.Jmr.). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab pelaku usaha berkaitan dengan penjualan bahan makanan kadaluwarsa dan tidak memenuhi standar yang ditentukan (Studi Putusan Pengadilan Negeri Jember Nomor 258/Pid.Sus/2018/PN.Jmr.) adalah pelaku usaha berkewajiban bertanggung jawab terhadap kesalahannya sebagaimana diatur dalam Pasal 8 ayat (1) UU Perlindungan Konsumen dan juga Pasal 19 ayat (1) UU Perlindungan Konsumen. Prinsip tanggung jawab yang dianut Indonesia berdasarkan UU Perlindungan Konsumen adalah prinsip praduga untuk selalu bertanggungjawab (presumption of liability), dengan sistem pembuktian terbalik. Menurut prinsip ini, pelaku usaha dianggap bersalah dan harus memberi ganti rugi kepada konsumen, sampai dapat membuktikan bahwa yang bersangkutan tidak bersalah. Dalam gugatan ganti rugi konsumen, maka yang wajib untuk membuktikan adalah pihak pelaku usaha yang digugat. Pelaku usaha dalam menjalankan usahanya seharusnya menunjukkan iktikad baik dan memberikan informasi yang jelas atas produk yang diedarkan serta berupaya memperhatikan hak-hak konsumen dan kewajibannya sebagai pelaku usaha yang telah dirumuskan dalam UUPK dan tidak melanggar larangan-larangan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Tundjung Herning Sitabuana, S.H., C.N., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Pelaku Usaha, Makanan, Kadaluarsa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Aug 2021 01:40
Last Modified: 12 Aug 2021 01:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32007

Actions (login required)

View Item View Item