FAKTOR PENENTU FIRM VALUE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA

KRISNAWIJAYA, VINCENTIUS GEOFFREY (2019) FAKTOR PENENTU FIRM VALUE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Vincentius Geoffrey Krisnawijaya 115150237 JA.pdf

Download (225kB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena semua tujuan dari adanya perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan. Untuk mencapai tujuan tentu ada faktor- faktor yang mempengaruhinya. Pada penelitian ini akan meneliti pengaruh managerial overconfidence, profitability, firm size dan leverage sebagai variabel-variabel yang menentukan peningkatan firm value sebuah perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun pengamatan 2015-2018 dengan total 252 observasi. Managerial overconfidence akan diuji dengan dua pengukuran, yang pertama adalah sales index model dan yang kedua adalah sales growth model. Penelitian ini menemukan bahwa managerial overconfidence yang menggunakan sales index model dengan profitabilitas menggunakan ROE berpengaruh signifikan dengan firm value. Sementara itu, firm size dan leverage ditemukan memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap firm value. Penelitian kedepan diharapkan untuk meneliti lebih seksama terhadap subjek dan periodenya bersamaan dengan variabel independen lainnya. Kata kunci: Managerial Overconfidence, Profitability, Firm Size, Leverage Pembimbing: Ignatius Roni Setyawan, S.E., M.Si., Dr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Jul 2021 06:50
Last Modified: 28 Jul 2021 06:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32020

Actions (login required)

View Item View Item