INGGERIT, INGGERIT (2015) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN SUSU FORMULA DAN MP-ASI DENGAN TERJADINYA DIARE PADA ANAK USIA 6 BULAN SAMPAI 2 TAHUN DI PUSKESMAS TANJUNG DUREN SELATAN PERIODE 1 JULI – 31 AGUSTUS 2014. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
top.pdf Download (456kB) |
|
Text
ABSTRAK - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (416kB) |
Abstract
Di Puskesmas Kelurahan Tanjung Duren Selatan pada periode Januari – Desember 2012, jumlah balita yang datang berobat ke puskesmas dan didiagnosa diare sebanyak 1.843. Berdasarkan hasil mini survei yang dilakukan pada 65 responden, didapatkan adanya variasi pemberian asupan yang berbeda yaitu pemberian ASI atau susu formula dan MP-ASI di antara anak usia 6 bulan hingga 2 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh susu formula dan MP-ASI dengan terjadinya diare pada anak usia 6 bulan sampai 2 tahun. Dimana variabel tergantung (dependent) adalah diare dan sebagai variabel bebas (independent) adalah susu formula dan MP-ASI. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross-sectional survei untuk mengetahui faktor risiko susu formula dan MP-ASI terhadap diare. Pemilihan sampel menggunakan Consecutive Non Random Sampling dan didapatkan subjek sebanyak 208 responden. Penelitian dilakukan dengan menggunakan wawancara kuesioner. Pada penelitian ini didapatkan adanya hubungan antara susu formula dan MP-ASI terhadap terjadinya diare pada anak usia 6 bulan sampai 2 tahun dengan nilai p-value = 0,000 dan pemberian susu formula dan MP-ASI memiliki risiko PR = 2,299 kali lebih besar terkena diare.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diare, Susu formula, MP-ASI, Balita, Diarrhea, Formula, Complementary food, Children. |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran |
Depositing User: | FK Perpus |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 07:17 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 07:17 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32074 |
Actions (login required)
View Item |