PERANCANGAN INTERIOR PADA MUSEUM MAINAN ANAK TRADISIONAL PADA GALERI 28 KEMANG, JAKARTA SELATAN

Surya, Felix (2018) PERANCANGAN INTERIOR PADA MUSEUM MAINAN ANAK TRADISIONAL PADA GALERI 28 KEMANG, JAKARTA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
615140116_Felix Surya_01 Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
615140116_Felix Surya_05 Abstrak.pdf

Download (10kB)

Abstract

Permainan tradisional adalah permainan yang sudah ada sejak zaman dahulu, yang berkembang di lingkungan masyarakat. Dewasa ini terlihat bahwa permainan modern menggeser pamor permainan tradisional akibat globalisasi yang tak terhindarkan dimana Indonesia mulai kehilangan salah satu budaya yang sangat penting. Permainan tradisional sangatlah populer sebelum teknologi masuk ke Indonesia. Dahulu, anak-anak bermain dengan alat yang seadanya. Namun kini, mereka sudah bermain dengan permainan-permainan berbasis teknologi yang berasal dari luar negeri dan mulai meninggalkan mainan tradisional. Seiring dengan perubahan zaman, permainan tradisional perlahan lahan mulai terlupakan oleh anak-anak Indonesia. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang sama sekali belum mengenal permainan tradisional. Permainan tradisional dianggap sebagai budaya yang sangat penting karena dari permainan tradisional dapat ditemukan indentitas diri seorang anak. Oleh karena itu, diperlukan sebuah wadah untuk mengenalkan kembali budaya permainan tradisional yang hilang. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah museum dengan mengenalkan kembali mainan tradisional sehingga masyarakat tidak hanya mengenal dan lebih mencintai budayanya, tetapi juga dapat merubah mindset masyarakat dan membuka wawasan tentang konteks museum pada umumnya. Permainan tradisional dianggap sebagai budaya yang sangat penting karena dari permainan tradisional mempunyai pengaruh terhadap perkembangan budaya pada suatu kebudayaan. Sesuai dasar perancangan, maka perancangan museum mainan tradisional Indonesia di Jakarta menggunakan tema “Indonesia’s viii Playful Timelapse” dimana budaya bermain yang terlupakan dengan cara menanamkan curiosity kepada pengunjung serta mengenalkan budaya Indonesia melalui permainan tradisional kepada pengunjung sehingga pengunjung bisa mendapatkan edukasi dan hiburan melalui konsep perancangan museum ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Interior
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 30 Jul 2021 12:25
Last Modified: 30 Jul 2021 12:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32133

Actions (login required)

View Item View Item