PENGARUH INISIASI MENYUSU DINI TERHADAP KEYAKINAN IBU DALAM MENYUSUI DI TIGA PUSKESMAS DI JAKARTA BARAT PERIODE OKTOBER 2014 – MEI 2015

RAHMAWATI, KARTIKA (2015) PENGARUH INISIASI MENYUSU DINI TERHADAP KEYAKINAN IBU DALAM MENYUSUI DI TIGA PUSKESMAS DI JAKARTA BARAT PERIODE OKTOBER 2014 – MEI 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
SUMMARYKARTIK fix.pdf

Download (472kB)

Abstract

Menyusui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi dan ibu. Dengan melakukan Inisiasi Menyusu Dini bayi akan mendapatkan kolostrum yaitu ASI pertama yang sangat bagus manfaatnya bagi bayi. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui adanya pengaruh Inisiasi Menyusu Dini terhadap Keyakinan Ibu dalam Menyusui di tiga Puskesmas di Jakarta Barat. Penelitian ini bersifat analitik dengan uji potong lintang. Populasi penelitian yaitu ibu yang mempunyai bayi berusia 0-6 bulan di tiga Puskesmas yang diteliti. Cara pengambilan sampel dilakukan secara non random convenience sampling. Sampel penelitian berjumlah 28 responden. Dari hasil penelitian didapatkan proposi ibu yang melakukan IMD sebesar 14,3% (4 responden) dan didapatkan 57,1% (16 responden) ibu yang merasa yakin untuk menyusui anaknya. Setelah data diolah melalui Statistical Product and Service Solution 16.0 didapatkan p=0,113. Berdasarkan hal itu maka, dapat disimpulkan bahwa tidak adanya hubungan yang bermakna antara Inisiasi Menyusu Dini terhadap Keyakinan Ibu dalam Menyusui.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menyusui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi dan ibu. Dengan melakukan Inisiasi Menyusu Dini bayi akan mendapatkan kolostrum yaitu ASI pertama yang sangat bagus manfaatnya bagi bayi. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui adanya pengaruh Inisiasi Menyusu Dini terhadap Keyakinan Ibu dalam Menyusui di tiga Puskesmas di Jakarta Barat. Penelitian ini bersifat analitik dengan uji potong lintang. Populasi penelitian yaitu ibu yang mempunyai bayi berusia 0-6 bulan di tiga Puskesmas yang diteliti. Cara pengambilan sampel dilakukan secara non random convenience sampling. Sampel penelitian berjumlah 28 responden. Dari hasil penelitian didapatkan proposi ibu yang melakukan IMD sebesar 14,3% (4 responden) dan didapatkan 57,1% (16 responden) ibu yang merasa yakin untuk menyusui anaknya. Setelah data diolah melalui Statistical Product and Service Solution 16.0 didapatkan p=0,113. Berdasarkan hal itu maka, dapat disimpulkan bahwa tidak adanya hubungan yang bermakna antara Inisiasi Menyusu Dini terhadap Keyakinan Ibu dalam Menyusui.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:09
Last Modified: 04 Aug 2021 07:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32182

Actions (login required)

View Item View Item