PENGARUH EKSTRAK DAUN STRAWBERRY (FRAGARIA VESCA L) TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK ENZIM KATALASE (EC 1.11.1.6) PADA DARAH DAN JANTUNG TIKUS SPRAGUE- DAWLEY YANG DI INDUKSI HIPOKSIA

PUTRI, RIZKA SAFFANA A. (2019) PENGARUH EKSTRAK DAUN STRAWBERRY (FRAGARIA VESCA L) TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK ENZIM KATALASE (EC 1.11.1.6) PADA DARAH DAN JANTUNG TIKUS SPRAGUE- DAWLEY YANG DI INDUKSI HIPOKSIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
TOP.pdf

Download (142kB)
[img] Text
1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (99kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hipoksia adalah suatu kondisi kekurangan oksigen dalam tubuh yang meningkatkan produksi spesies oksigen reaktif (ROS). Ketidak seimbangan oksidan dan antioksidan disebut stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan sel sehingga antioksidan diperlukan untuk mencegah stress oksidatif. Antioksidan dapat diperoleh dari dalam tubuh (enzim katalase) dan dari luar tubuh (daun strawberi). Penelitian ini bertujuan mengetahui potensi antioksidan daun strawberi terhadap aktivitas spesifik katalase dalam darah dan jantung tikus Sprague-Dawley yang diinduksi oleh hipoksia. Uji in vitro antara lain dengan fitokimia, DPPH (Blois), kadar fenolik total (TPC), kadar alkaloid total (TAC), dan toksisitas (BSLT). Potensi antioksidan in vivo dilakukan dengan uji katalase. Tiga puluh dua tikus dibagi menjadi 2 kelompok, kontrol, dan dicekok dengan ekstrak 400mg/kg/BB selama 2 minggu. Dibagi menjadi 4 subkelompok, normoksia, 1, 7, 14 hari hipoksia. Histopatologi dengan pewarnaan HE. Ekstrak mengandung adanya alkaloid, antosianin dan betacyanin, kardioglikosida, kumarin, flavonoid, glikosida, fenol, kuinon, saponin, steroid, terpenoid, tanin. Kapasitas antioksidan ekstrak IC-50 = 217,7734 μg/mL, kadar fenolik total dan alkaloid total 485 mg/L, dan 29,941 μg/mL. Toksisitas ekstrak LC-50 21,60562 μg/mL. Uji in vivo menunjukkan penurunan aktivitas enzim spesifik katalase hingga akhir perlakuan sebagai upaya melawan hipoksia. Aktivitas enzim katalase lebih tinggi pada kelompok yang diberikan ekstrak. Histopatologi jantung menunjukkan kardiomiopati dan nekrosis. Daun strawberi memiliki aktivitas antioksidan, sitotoksik dan memengaruhi aktivitas spesifik enzim katalase dalam darah dan jantung yang di induksi oleh hipoksia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ferdinal, Frans
Uncontrolled Keywords: Hipoksia, Fragaria Vesca L, Katalase, Darah, Jantung
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:31
Last Modified: 04 Aug 2021 07:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32183

Actions (login required)

View Item View Item