HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA SD KELAS 4-6 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 TAMBORA, JAKARTA BARAT

RUDI, RUDI (2019) HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA SD KELAS 4-6 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 TAMBORA, JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
TOP.pdf

Download (149kB)
[img] Text
1.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
6.pdf

Download (31kB)
[img] Text
REF.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LAMP.pdf

Download (568kB)

Abstract

Tingkat prestasi belajar merupakan hasil proses belajar yang telah dicapai seseorang dan diukur dengan cara memberikan ujian kepada siswa kemudan dinyatakan dalam nilai rapor. Pada masa kini, anak usia sekolah juga bermain game online. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online dengan tingkat prestasi belajar siswa SD kelas 4-6 menggunakan studi cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Tambora, Jakarta Barat sebanyak 136 responden terdiri dari 80 siswa laki-laki dan 56 siswi perempuan. Jumlah siswa pada kelas 4 sebanyak 31 siswa, kelas 5 sebanyak 60 siswa, dan kelas 6 sebanyak 45 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil data diolah dengan menggunakan software statistik dengan uji pearson chi-square. Didapatkan hasil penelitian, intensitas bermain game online pada siswa laki-laki dan perempuan yaitu kurang 1 jam per hari adalah 37 siswa, intensitas bermain game online 1 sampai 2 jam per hari adalah 52 siswa, intensitas bermain game online 3 sampai 4 jam per hari adalah 27 siswa, dan intensitas bermain game online lebih dari 5 jam per hari adalah 20 siswa dari 136 siswa. Dalam intensitas bermain game online kurang 1 jam per hari pada siswa perempuan sebanyak 41% dan intensitas bermain game online 1 sampai 2 jam per hari pada siswa laki-laki sebanyak 42% dari 100%. Berdasarkan uji pearson chi-square didapatkan koefisien korelasi (r) sebesar - 0.075 dengan nilai p sebesar 0.192. Kesimpulan didapatkan hubungan yang sangat lemah, dan tidak bermakna antara intensitas bermain game online dengan tingkat prestasi belajar di SDN 03 Tambora, Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kumala, Meilani
Uncontrolled Keywords: tingkat prestasi belajar, intensitas bermain game online, anak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:47
Last Modified: 04 Aug 2021 07:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32184

Actions (login required)

View Item View Item