Handoyo, Ivan Kristanto (2021) Efek turbocharger terhadap unjuk kerja mesin diesel (studi kasus karakteristik turbocharger) dengan pendekatan CFD. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_01 Cover.pdf Download (20kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_02 Lembar Pengesahan.pdf Download (29kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_03 Kata Pengantar.pdf Download (96kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_04 Abstrak.pdf Download (15kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_05 Lembar Pernyataan.pdf Download (36kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_06 Daftar Isi.pdf Download (87kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_07 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_08 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_09 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_10 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (960kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_11 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
Text
515170018_Ivan Kristanto Handoyo_12 Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) |
Abstract
Turbocharger digunakan untuk meningkatkan efisiensi volumetrik sebuah mesin. Dengan penambahan turbocharger maka dapat meningkatkan tekanan dan torsi yang dihasilkan mesin. Pertimbangan mengetahui karakteristrik turbocharger sangat penting dalam penggunaan turbocharger. Pada simulasi mmenggunakan data sekunder untuk referensi data input turbocharger K24 BorgWarner menggunakan kompressor map yang sudah ditentukan, dengan kompresor turbocharger dengan diameter inlet 45.72 mm dan diameter outlet 45.9 mm serta spesifikasi blade dengan diameter inlet 15 mm, diameter outlet 94.9 mm, jumlah blade 8, outlet blade angle 32.5º dan inlet blade angle 19.3º . Menggunakan simulasi CFD dengan shaft rotational speed 50000 rpm; 70000 rpm; 90000 rpm, mass flow inlet 0.174 kg/s; 0.242 kg/s; 0.302 kg/s, density fluid air 1.225 kg/m3 dan simulasi ini dilakukan pada kondisi steady-state tipe turbulent SST k-omega. Hasil percobaan ini didapatkan pressure ratio pada simulasi pertama 1.4, pada simulasi kedua didapatkan pressure ratio 1.6, dan pada simulasi ketiga didapatkan pressure ratio 1.95 serta velocity outlet yang berbanding terbalik dengan pressure outlet. Serta pengaplikasian pada mesin Diesel meningkatkan tekanan dan torsi yang dihasilkan dengan presentase kenaikan sebesar 79.9 % untuk perhitungan menggunakan variasi pertama, 113.07 % untuk perhitungan menggunakan variasi kedua, dan 208.6 % untuk perhitungan menggunakan variasi etiga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Turbocharger, kompresor, karakteristik, CFD, tekanan |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 08:21 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:21 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32191 |
Actions (login required)
View Item |