Hubungan antara rawan bosan dan kemudahan tertidur dengan microsleep saat mengemudi

Moorjani, Arjun Indru (2021) Hubungan antara rawan bosan dan kemudahan tertidur dengan microsleep saat mengemudi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_COVER.pdf

Download (80kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_KATA PENGANTAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)

Abstract

Salah satu jenis kantuk yang paling sering dialami oleh pengemudi dalam berkendara adalah microsleep. Microsleep mengakibatkan pengemudi kehilangan kontrol akan kendaraannya, sehingga berakibat sangat fatal terhadap keselamatan berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh boredom proneness (kecenderungan merasa bosan) dan tingkat kemudahan tertidur pengemudi terhadap frekuensi terjadinya microsleep pada saat berkendara. Boredom proneness dan kemudahan tertidur masing-masing diukur menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang diadopsi dari Boredom Proneness Scale dan Epworth Sleepiness Scale, sedangkan microsleep dihitung menggunakan kuesioner untuk menentukan frekuensi microsleep yang dialami pengemudi. Data penelitian dianalisa menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) untuk menghitung nilai korelasi antar variabel penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa boredom proneness dan kemudahan tertidur berkorelasi secara signifikan dan positif terhadap kemungkinan seseorang mengalami microsleep saat mengemudi, dimana boredom proneness juga berkorelasi secara positif dan signifikan terhadap kemudahan tertidur. Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada tingkat kecenderungan pengemudi merasa bosan (boredom proneness), mudah tertidur, dan mengalami microsleep di antara jenis kelamin. Mereka yang berusia di bawah 30 tahun ditemukan lebih mudah untuk merasa bosan, sehingga lebih rentan untuk mengalami microsleep pada saat mengemudi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: microsleep, boredom proneness, kemudahan tertidur, mengemudi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:42
Last Modified: 12 Aug 2021 07:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32206

Actions (login required)

View Item View Item