Moorjani, Arjun Indru (2021) Hubungan antara rawan bosan dan kemudahan tertidur dengan microsleep saat mengemudi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_COVER.pdf Download (80kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (16kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (50kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_KATA PENGANTAR.pdf Download (86kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
Text
325150162_Arjun Indru Moorjani_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
Abstract
Salah satu jenis kantuk yang paling sering dialami oleh pengemudi dalam berkendara adalah microsleep. Microsleep mengakibatkan pengemudi kehilangan kontrol akan kendaraannya, sehingga berakibat sangat fatal terhadap keselamatan berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh boredom proneness (kecenderungan merasa bosan) dan tingkat kemudahan tertidur pengemudi terhadap frekuensi terjadinya microsleep pada saat berkendara. Boredom proneness dan kemudahan tertidur masing-masing diukur menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang diadopsi dari Boredom Proneness Scale dan Epworth Sleepiness Scale, sedangkan microsleep dihitung menggunakan kuesioner untuk menentukan frekuensi microsleep yang dialami pengemudi. Data penelitian dianalisa menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) untuk menghitung nilai korelasi antar variabel penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa boredom proneness dan kemudahan tertidur berkorelasi secara signifikan dan positif terhadap kemungkinan seseorang mengalami microsleep saat mengemudi, dimana boredom proneness juga berkorelasi secara positif dan signifikan terhadap kemudahan tertidur. Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada tingkat kecenderungan pengemudi merasa bosan (boredom proneness), mudah tertidur, dan mengalami microsleep di antara jenis kelamin. Mereka yang berusia di bawah 30 tahun ditemukan lebih mudah untuk merasa bosan, sehingga lebih rentan untuk mengalami microsleep pada saat mengemudi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | microsleep, boredom proneness, kemudahan tertidur, mengemudi |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 07:42 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 07:42 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32206 |
Actions (login required)
View Item |