Simulasi perbandingan titik jepit tiang menggunakan virtual fixed point dan lateral spring di dermaga “KNP” Kendari

Savio, Andree (2021) Simulasi perbandingan titik jepit tiang menggunakan virtual fixed point dan lateral spring di dermaga “KNP” Kendari. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325170046_Andree Savio_Cover.pdf

Download (120kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_Lembar Pengesahan.pdf

Download (59kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_Lembar Pernyataan.pdf

Download (59kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_Kata Pengantar.pdf

Download (76kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_Abstrak.pdf

Download (76kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_Daftar Isi.pdf

Download (141kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB)
[img] Text
325170046_Andree Savio_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dermaga merupakan fasilitas yang paling penting pada pelabuhan karena menghubungkan antara laut dan daratan. Struktur dermaga terdiri dari struktur atas (balok, pelat dan pile cap) dan struktur bawah (tiang pancang). Struktur atas menggunakan bahan dasar beton bertulang dan struktur bawah dapat menggunakan bahan baja atau beton. Dalam mendesain tiang pancang pada dermaga, kedalaman titik jepit tidak berada pada kedalaman seabed tetapi berada dibawah seabed. Perlu dilakukan penelitian tentang kedalaman titik jepit tiang pancang. Studi kasus yang dibahas pada penelitian ini adalah dermaga yang berlokasi di Kendari, Sulawesi Tenggara. Dermaga tersebut dikenal dengan nama dermaga “KNP”. Berdasarkan OCDI (Overseas Coastal Area Development Institute of Japan) tahun 2002 dengan menggunakan metode virtual fixed point (1/β) memiliki kedalaman titik jepit pada dermaga “KNP” sebesar 24 m, sedangkan menurut metode pegas lateral pada dermaga “KNP” memiliki kedalaman titik jepit sebesar 25,6 m dan dengan menambahkan pegas lateral pada tiang pancang dalam metode virtual fixed point juga dapat membuat model lebih efisien dengan defleksi yang lebih kecil sebesar 6,43% untuk defleksi akibat gempa arah x dan 7,25% untuk defleksi akibat gempa arah y.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: virtual fixed point; lateral spring; dermaga; perbandingan kedalaman; perbandingan defleksi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:20
Last Modified: 12 Aug 2021 08:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32209

Actions (login required)

View Item View Item